Penginapan yang Nyaman
Travel

Tips Memilih Penginapan yang Nyaman

Penginapan menjadi bagian yang cukup penting dalam perjalanan. Buat aku pribadi, penginapan cukup berpengaruh ke mood dalam perjalanan. Untuk itu, jauh sebelum melakukan perjalanan, aku biasanya bakal sibuk browsing memilih penginapan yang nyaman.

Tentunya kita punya pertimbangann masing-masing dalam memilih penginapan. Mulai dari lokasinya, harga, fasilitas, review, sampai ada sarapannya atau tidak. Tapi buat pemula, bisa jadi clueless saat memilih penginapan. Ini tips memilih penginapan ala Andita:

Baca: Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Traveling bareng Teman

Tentukan Anggaran

Sebelum sibuk browsing penginapan, tentukan dulu besaran anggaran yang disiapkan untuk penginapan. Hal ini penting karena anggaran untuk penginapan bisa memakan banyak porsi dari keseluruhan anggaran perjalanan. Terutama kalau total waktu perjalanan yang dirancanakan panjang. Semakin lama waktu menginapnya, semakin besar pengeluaran yang dibutuhkan untuk penginapan. Beda cerita kalau punya kenalan yang bisa ditumpangi secara gratis di tempat tujuan ya hahaha.

Besaran anggaran khusus untuk penginapan ini akan membantu dalam memfilter penginapan-penginapan yang sesuai dengan kantong kita. Jadi dari awal browsing ktia bisa langsung menerapkan range harga dan menyeleksi yang di luar anggaran kita. Ini juga membantu kita supaya tidak overbudget saat memilih penginapan. Kalau untuk rencana staycation 1-2 malam mungkin selisih harga bukan masalah besar. Namun, kalau berencana menginap lebih dari 5 hari, kerasa banget selisihnya kalau ditotal.

Tentukan anggaran sebelum memesan penginapan.
Source: freepik.com

Selain memfilter pilihan berdasarkan range harga selanjutnya bisa mulai mensortir berdasarkan fasilitas yang diinginkan. tentunya fasilitas dari penginapan pun berpengaruh terhadap harga penginapan tersebut. Semakin fasilitasnya biasa atau sederhana, biasanya harganya akan lebih murah. Begitu juga sebaliknya.

Nah biasanya yang aku lakukan dalam memilih penginapan dan fasilitas yang dibutuhkan itu tergantung juga dengan tujuan perjalananku (selain dari anggaran ya). Semisal mau staycation, aku punya kriteria sendiri penginapan dengan fasilitas seperti apa yang dicari. Kalau untuk perjalanan yang banyak eksplor di luar penginapan, aku pilih penginapan dengan fasilitas minimum nggak masalah karena penginapan cuma jadi tempat mampir tidur. Lumayan bisa menghemat anggaran kalau milihnya sesuai kebutuhan.

Tips mendapat penginapan budget minimum: pilih model penginapan yang ada dormitory room-nya. Model dormitory room dikenakan biaya itu per bed-nya, per room bisa diisi 4-8 orang biasanya. Harga 1 bed di dormitory room sekitar 150-250ribu. FYI, female dormitory room biasanya lebih mahal daripada mixed dormitory room.

Perhatikan lokasi penginapan

Penting untuk memperhatikan lokasi penginapan sebelum membuat reservasi. Saat kita melakukan perjalanan, terutama perjalanan yang tanpa membawa kendaraan pribadi, kita harus cermat dalam menentukan di daerah mana mau menginap. Lokasi penginapan ini hubungannya dengan akses ke tempat-tempat wisata yang jadi list perjalananmu. Tentunya penginapan yang nyaman adalah yang aksesnya mudah untuk kemana-mana.

Perhatikan lokasi supaya menemukan penginapan yang nyaman (dekat dari akses)
Source: freepik.com

Paling mudah itu memilih penginapan yang berada di pusat kota. Akses kemana pun cukup mudah, juga banyak pilihan transportasi tersedia. Hal yang perlu diperhatikan adalah semakin lokasinya dekat dengan pusat kota, biasanya harganya lebih mahal daripada penginapan yang agak jauh dari kota. Jadi sesuaikan juga dengan anggaranmu ya!

Selain itu, kamu juga bisa memilih penginapan yang dekat dengan tempat wisata tujuanmu. Terutama jika tempat tujuan wisatamu itu jauh dari pusat kota. Selain aksesnya lebih mudah, anggaran transportasi yang harus dikeluarkan bisa ditekan supaya lebih hemat.

Baca: Penginapan 14 Hari Keliling Asia Tenggara

Intinya, aksesibilitas adalah pertimbangan yang penting untuk kita memilih lokasi penginapan. Penginapan yang dekat dengan halte, stasiun, atau mode transportasi umum akan mempermudah perjalanan kamu. Biasanya aku di hari-hari terakhir perjalanan, aku akan memilih penginapan yang dekat dengan stasiun atau bandara supaya lebih mudah dan cepat aksesnya untuk perjalanan pulang.

Jangan sepelekan review!

Selalu sempatkan waktu untuk membaca kolom review dari setiap penginapan yang akan kamu pilih, terutama review terbaru. Dari review-review ini kamu bisa mengetahui keadaan sebenaranya dari penginapan tersebut. Karena bisa jadi apa yang tertulis di situs website akomodasi berbeda dengan apa yang ada di kenyataannya.

Aku tuh paling mempertimbangkan kebersihan saat memilih penginapan. Kalau kamar atau kamar mandinya kurang bersih, itu BIG NO buat aku. Jadi dari review ini aku cari tahu apakah penginapan tersebut benar-benar bersih dan selalu dijaga kebersihannya. Karena ya udah capek jalan seharian, pasti maunya sampai penginapan tidur di tempat yang bersih kan.

Nah kurang lebih 3 hal ini yang selalu aku lakukan sebelum memilih penginapan yang nyaman. Semoga bisa membantu 😀

Stay healthy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *