Slice of Life

Terlambat Menyadari Pentingnya Investasi

Hidup selama 20 sekian tahun, pasti ada momen-momen di mana aku harap bisa kembali ke waktu itu untuk memperbaiki keadaan. Entah itu adalah saat-saat aku melakukan kesalahan, saat mengambil langkah yang kurang, atau bahkan saat tidak mengambil kesempatan yang ada. Momen-momen yang aku sesali….

Seringkali memikirkan apakah kalau di saat-saat itu aku melakukan hal yang seharusnya aku lakukan, apakah akan mengubah keadaan? Apakah aku yang sekarang akan berbeda? Tapi ya nggak ada gunanya kan menyesal. Kita nggak akan pernah bisa mengubah apa yang sudah terjadi di masa lalu.

Satu hal yang aku sesali saat ini adalah nggak mulai investasi sejak masih dikasih uang bulanan dari orang tua (zaman kuliah). Aku telat menyadari betapa pentingnya uang cadangan ketika udah lulus kuliah dan nggak minta uang orang tua lagi. Setahun ini mulai kerja dari posisi magang sampai sekarang udah staff. Selama belum jadi staff gaji belum umr dan nggak ada tambahan uang dari orang tua lagi. Survive kok, bertahan hidup sampai sekarang. Masih bisa nabung buat jalan-jalan juga. Tapi ya itu, nggak punya aset apa-apa, nggak ada dana emergency yang cukup.

Padahal kan enak ya pas masih jadi mahasiswa itu. Nggak perlu kerja eh tiap bulan dapat uang terus. Tinggal juga masih sama orang tua, makan bisa di rumah, cicilan nggak ada, kebutuhan masih gitu-gitu aja. Bayangkan berapa yang seharusnya bisa diinvestasikan selama sebulan, terus kali 12 bulan, kali 4,5 tahun. Cobaa dibayangkan aku udah bisa punya tabungan berapa banyak sekarang. Bisa dibuat penopang hidup di awal-awal kerja.

Waktu itu, sebenarnya aku pun jarang belanja, jarang nongkrong, jarang jajan-jajan seenaknya. Nabung cukup disiplin, tapi…. Karena nggak mikir jauh ke depan, ya tiap tabungan udah kekumpul, langsung mau pergi kemana. Siklusnya begini nih: irit – nabung – jalan-jalan – ulangi dari awal.

Memang pengalaman yang didapatkan dari jalan-jalan (buatku) itu pun investasi. Tapi seandainya aja mikir agak jauh ke depan, bisa lah selain nabung buat jalan-jalan, uangnya sebagian diinvestasikan. Kan dapet dua-duanya ya kan, jalan-jalan dapet eh aset juga punya.

Aku tertampar ketika suatu hari @catwomanizer membahas tentang umur berapa dan sudah punya aset apa aja. Banyak yang ikutan berbagi cerita itu mereka lebih muda daripada aku tapi punya aset lebih banyak dari aku. Ya karena mereka udah mikirin investasi dari awal. Haduhh 🙁

Baca: 5 Resolusi Tahun Baru

Merasa menyesal sih, tapi mau gimana lagi kan nggak bisa mengubah apa yang udah terlewat. Makanya setelah tersadar akan pentingnya investasi, belakangan ini aku mulai cari-cari bacaan dan juga tanya-tanya tentang investasi. Apa aja macamnya, gimana resikonya, yang sesuai dengan pendapatan sekarang tuh investasi yang seperti apa, dan masih banyak lagi. Aku juga tanya pengalaman temen-temen yang udah mulai investasi, buat referensi. Semogaaaa beneran awal tahun 2019 besok mulai investasi demi kehidupan masa depan yang lebih baik!

Better late than never lah ya~

Luv,

4 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *