• Travel

    3 Tempat yang Ingin Dikunjungi setelah Pandemi Berakhir

    Udah masuk bulan ke-empat di rumah aja, rasanya super nggak karuan. Rencana mau ke luar kota di bulan April kemarin terpaksa dibatalkan. Akses untuk pergi ke luar kota juga masih terbatas. Bener-bener hal yang pengen banget dilakuin setelah pandemi ini berakhir adalah jalan-jalan atau traveling. Aku udah bikin daftar tempat yang ingin dikunjungi setelah semua membaik! Baca: Pengalaman 14 Hari Keliling Asia Tenggara 1. Malang, Jawa Timur Cukup berbeda kayaknya nih sama tempat impian orang-orang yang rata-rata pengen ke Bali atau Lombok setelah pandemi ini berakhir. Tempat yang paling pengen aku kunjungi justru Malang. Seperti yang sempet aku ceritain di atas, harusnya aku ke Malang bulan April lalu. Tetapi, waktu…

  • Travel

    12 Jam di Hat Yai Teminal

    Pertama kali denger Hat Yai, sama sekali nggak kebayang itu kota yang seperti apa. Bahkan baru tau kalau harus transit di kota itu ya karena mau melalui perjalanan darat ke Bangkok. Hat Yai adalah kota terbesar di Provinsi Songkhla yang terletak di selatan Negara Thailand, dekat dengan perbatasan Malaysia. Biasanya kereta atau bus dari Malaysia kalau mau ke Bangkok atau Phi-Phi, transitnya di terminal Hat Yai. Baca: Naik Bus dari Kuala Lumpur ke Bangkok Kesan Pertama Kota Hat Yai Perjalananku kemarin naik bus malam dari Kuala Lumpur, sampai di Hat Yai sekitar jam 7 pagi. Setelah melewati perdebatan dengan sopir tuk-tuk dan kebingungan di terminal bus, akhirnya sekitar jam 9…

  • Travel

    Hal Penting Sebelum Berburu Tiket Pesawat Murah

    Menjelang akhir tahun, udah pada punya rencana liburan ke mana? Habis kerja setahun, rasanya pengen banget ya liburan. Yaa buat reward kerja keras diri sendiri lah, juga buat refreshing biar lebih fresh otaknya. Biasanya juga menjelang akhir tahun banyak promo yang bisa jadi momen berburu tiket pesawat murah. Eh tapi walaupun judulnya reward untuk diri sendiri, tetep harus pinter-pinter budgeting nih biar nggak over budget. Saat merencanakan anggaran liburan, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan nih, yaitu destinasi liburan, lama waktu liburan, dan akomodasi transportasi selama liburan. 2 poin pertama sangat mempengaruhi budgeting di poin terakhir. Perencanaan anggaran liburan harus dibuat sematang mungkin. Supaya nggak ada kebutuhan yang terlewat…