Travel

Bikin Paspor itu Mudah : Syarat dan Cara Pembuatan Paspor

Akhir-akhir ini banyak orang yang menjadikan traveling sebagai impian dan masuk ke daftar have-to-do in life. Mungkin ini dikarenakan banyak paltform yang membantu para traveler untuk menyebarkan virus jalan-jalan dan membuat orang akhrnya sadar bahwa rehat sejenak dari segala rutinitas harian dan pergi jalan-jalan is a good thing to do.

Sekarang juga sudah banyak penerbangan Low Cost Carrier (LCC) yang menawarkan tiket ke manapun dengan harga yang ekonomis. Nah ini juga yang mendukung banyak orang yang tadinya hanya berani bermimpi untuk keliling dunia, akhirnya bisa mewujudkannya satu persatu.

Tapi sebelum mulai perjalanan ke luar negeri, hal apa sih yang paling penting untuk disiapkan? Yak benar! PASPOR. Kamu harus punya paspor dulu untuk bisa ke luar negeri. Ada orang pernah ilang “kamu harus punya paspor walaupun kamu belum berencana untuk pergi ke luar negeri. Nggak ada yang tau lho kalau rejeki tuh”. Yaiya aku setuju kalau ini. Bisa aja tiba-tiba ada beasiswa student exchange yang mempertimbangkan paspor sebagai syarat keterimanya. Kalau kamu udah punya paspor, kamu one step ahead 🙂

“Males ah bikin paspor, ribet. Antrinya juga gila gilaan”

Eits! Siapa bilang?

Pertama kali aku bikin paspor tahun 2013, ditemenin mama jadi semua administrasi mama yang urus. Waktu itu karena mau lebaran di Batam dan ternyata lebih murah tiket JOG-SIN daripada JOG-BTH. Jadinya bikin lah paspor itu. Tapi dua kali aja dipake untuk ke Singapur dan abis itu nggak dipake lagi, cuma ngendon di kumpulan berkas penting. Maklum lah ya mahasiswa belum punya tabungan banyak untuk jalan-jalan ke luar negeri dan sejujurnya belum berani, kurang nekat hehehe (prinsipku sebisa mungkin kalau untuk jalan-jalan nggak nodong orang tua).

Nah paspor itu masa berlakunya 5 tahun. Tahun ini harus diperpanjang. Rabu kemarin aku perpanjang paspor dan terpesona sendiri sama sistem sekarang! Serba mudah! Mudah di syarat, mudah di antrian, dan mudah di pembayaran!

Jadi tips untuk mengatasi antrian yang super panjang dan antrian kesediaan pelayanan paspor:

1.Kamu harus daftar dulu lewat web atau aplikasi Antrian Imigrasi. Di App Store atau Play Store udah ada. Login lalu isi data profil kamu.

2. Pilih kantor Imigrasi terdekat dari tempat tinggalmu.

3. Isi permohonan antrian dengan mengisi form ini. Pastikan tanggal yang kamu pilih memang yang bisa kamu datangi. Juga pastikan pengisian data pemohon benar.

4. Setelah itu akan dapat jadwal kamu jam berapa. Ceknya di kolom “Jadwal”.

Nah kalau udah, kamu tinggal datang ke kantor Imigrasi yang udah kamu pilih tadi di tanggal dan jam yang sudah ditentukan. Nanti di resepsionis kamu tinggal bilang kamu udah daftar online, jadi nanti antriannya dibedakan. Kamu akan diberikan map dan form yang harus kamu isi terlebih dahulu. Setelah menyelesaikan pengisian form, serahkan map tadi ke petugas resepsionis, jangan lupa untuk sertakan persyaratan yang lain ya. Nanti setelah itu kamu dapat nomer antrian. Tunggu sampai dipanggi untuk wawancara dan foto.

Untuk pembuatan paspor baru atau penggantian paspor dengan tambahan data baru syaratnya adalah:

1. Fotokopi dan asli KTP/ SIM/ Tanda pengenal lainnya

2. Fotokopi dan asli Akta kelahiran / Ijazah (pilih salah satu dokumen yang didalamnya terdapat informasi nama, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua)

3. Fotokopi dan asli Kartu Keluarga

4. Materai 6000 (untuk yang pertama kali membuat paspor)

Untuk perpanjang paspor keluaran di atas tahun 2009, syaratnya mudah sekali:

1. Fotokopi dan asli E-KTP

2. Paspor lama

Biaya pembuatan atau perpanjang paspor:

1. 24 Halaman = Rp 155.000

2. 48 Halaman = Rp 355.000

3. E-Paspor (paspor elektronik) = Rp 655.000

PS: Untuk anak di bawah 17 tahun, pembuatan paspor harus didampingi dengan orang tua.

Background foto berwarna putih, jadi disarankan untuk memakai baju dan atau jilbab (bagi yang perempuan) dengan warna selain putih.

Setelah wawancara, rekam sidik jari, dan foto, nanti akan diinfokan untuk pembayarannya. Pembayaran biayanya bisa dibayarkan di bank manapun atau di kantor pos.

Nah, gimana? Cukup mudah dan cepat kan alur untuk bikin paspor?

Jadi kapan kita kemana? 😀

 

 

*featured image credit: google.com

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *