Slice of Life

Situs Marketplace Favorit

Aku bersyukur lahir dan besar di era teknologi sekarang. Semua urusan menjadi mudah, terutama belanja! Kalau dulu butuh belanja tuh harus dateng langsung ke tokonya, milih-milih, antri bayar, belum kalau tokonya tuh jauh. Hadeuh. Ribet banget.

Kalau sekarang ada online shopping udah cuma tinggal buka website atau aplikasi, swipe-swipe, milih, bayar. Udah gitu aja tinggal nunggu barangnya sampai. Walaupun kata orang online shopping itu nggak enak karena nggak bisa pegang langsung barangnya pas milih-milih, tapi aku nggak masalah dengan itu. Emang anaknya nggakmau ribet~

Ada banyak banget marketplace Indonesia. Kalau pas zamannya promo atau Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional), semua nya berlomba bikin promo paling heboh. Tapi aku anaknya kalau udah cocok sama 1 tempat belanja, akan balik terus ke sana. Aku pun jaran belanja. Jadi cuma ada 2 situs marketplace yang sering aku gunakan dan pastinya jadi favoritku!

1. Tokopedia

Aku udah pakai Tokopedia sejak awal mulai belanja-belanja online. Dari cuma bisa jual beli aja, sampai sekarang bahkan bisa mengajukan kredit di sana. Hal yang aku sukai dari Tokopedia adalah penampilan situsnya. Penampilan situsnya user friendly, tampilannya rapi, terpercaya, dan banyak hal bisa dilakukan hanya dengan satu aplikasi. Dulu aku sempat mencoba buka online shop dan salah satu platform yang aku gunakan untuk jualan ya Tokopedia ini.

Sekarang Tokopedia ini udah lengkap banget sih menurutku menu yang ditawarkan. Jadinya aku bisa belanja, bayar tagihan pascabayar, bayar BPJS, beli token listrik, sampai pesan tiket kereta pun aku pakai Tokopedia. Aku juga suka karena Tokopedia sering ngasih cashback. Kalau dulu cashbacknya berupa TokoCash yang bisa dibelanjain juga kalau udah kekumpul (terkonversi ke rupiah). Nah sekarang cashbacknya berupa Ovo Points. Sempet kesel sih karena berubah, tapi ternyata Ovo Points pun tetap bisa buat dibelanjain uangnya di Tokopedia jadi nggak kesel lagi hehehe.

Menu pilihan pembayaran dan banknya juga beragam. Selain pakai Ovo, bisa juga transfer manual atau transfer ke akun virtual (paling sering aku gunakan). Gampang banget lah pemakaiannya. Semakin banyak belanja, semakin banyak cashbacknya 😀

Baca: Kalau Dapat Hadiah 100 Juta Mau….

2. Shopee

Situs marketplace satu ini baru heboh jadi bahan obrolan 2 bulan terakhir ini karena mendatangkan Blackpink ke konsernya menuju 12.12. Nggak cukup sampai situ, kemarin sempat heboh juga masalah iklan Shopee yang Blackpink menjadi ikon iklannya itu dianggap kurang sopan karena berpakaian minim. Hal ini terus ‘digoreng’ sampai muncul petisi untuk menghentikan iklan Shopee tersebut juga ajakan untuk memboikot Shopee.

Jauh di luar kehebohan itu, Shopee tetap menjadi salah satu marketplace favoritku karena pilihannya. Kadang aku sering bandingin harga dari 2 marketplace ini tadi. Atau biasanya pakai Shopee karena online shop yang mau aku beli produknya tuh bikin akun di Shopee biar memudahkan transaksinya. Di Shopee ini ada fitur yang bikin kamu bisa bayar lebih murah kalau belinya bareng-bareng sama temen.

Nah yang aku suka dari Shopee ini adalah banyak brand-brand produk Indonesia yang punya Official Store. Jadinya kan lebih percaya buat belanja online karena pasti ori kan ya dari official store lho. Ada juga cashback dalam bentuk Shopee coin tiap melakukan transaksi. Sleain itu, banyak toko di Shopee ini yang memberikan fitur Free Ongkir. Kan jadi sayang~

 

*Caution : Demi kesehatan dompet, disarankan install aplikasi marketplace ini saat ada butuhnya aja biar nggak tergoda flash sale 😀

 

Luv,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *