Setelah Lulus Kuliah Mau Ngapain?

Setelah Lulus Kuliah Mau Ngapain?

Kita hidup dengan banyak pertanyaan setiap harinya. Ya apalagi seiring bertambahnya umur, pertanyaan-pertanyaannya semakin rumit untuk kita jawab. Sebagian karena memang kepo, sebagian karena memang peduli dan ingin tau rencana kita tentang masa depan.

“Habis lulus kerja atau S2? Atau nikah?”

“Mau kerja di mana? Ngerjain apa?”

“Kapan nikah?”

Jangankan jawab pertanyaan dari orang, jawab pertanyaan untuk diri sendiri aja nggak tau jawabannya. Hadeuh rumit juga mau menjadi dewasa.

Beberapa hari setelah yudisium, aku mendapat salah satu pertanyaan rumit itu dari ayahku,”Mbak habis ini mau ngapain? Kerja di mana?”. Yaaa aku tau as soon as I graduated akan menerima pertanyaan seperti ini. Jadi sebelumnya aku bertanya ke diri sendiri sebenernya habis ini mau ngapain.

Aku tau apa yang menjadi harapan orang tuaku terhadapku: kerja di suatu perusahaan yang sesuai dengan bidang kuliahku, supaya ilmunya nggak teruang percuma. Ya oke sih, namanya juga orang tua. Pasti maunya anaknya selalu berada di keadaan yang ideal. Tapi gimana ini, aku sudah terlanjur nyemplung ke dunia yang aku banget. Dunia yang aku cintai. Pekerjaan yang memang aku impikan sejak lama. Tapi itu bukan yang dimaui orang tuaku. Dan kegalauan itu muncul,”Gimana ini aku harus mengikuti kemauan orang tua atau tetap berjalan di jalanku ya?”

Di hari ayahku bertanya tentang rencanaku ke depannya setelah lulus, aku sudah punya jawaban. Aku berani menjawab dengan yakin dan mantap. Bahwa aku akan tetap di jalanku. Pelan-pelan menjelaskan alasannya dan meminta restu. Awalnya ada penolakan, sempat ada perdebatan, mungkin beliau sedikit merasa kecewa. Atau mungkin takut akan bagaimana karir anaknya ini di masa depan. Dengan segenap keyakinan, nggak lupa aku meminta maaf karena kali ini nggak bisa menuruti apa yang mereka inginkan. Setelah itu meminta restu sekali lagi karena apalah aku tanpa restu orang tua. Sambil terus meyakinkan bahwa aku akan berproses menjadi sesuatu di jalan yang aku pilih. Sampai akhirnya keluarlah pernyataan,”yasudah. Lanjutkan. Bismillah ya”. Aku bersyukur.

Jadi kalau ada yang tanya ke aku, gimana ya setelah lulus mau ngapain atau mau kerja apa? Mending ngikutin kemauan orang tua atau ngikutin apa yang kita suka? Buat yang kemauan orang tua dan apa yang disuka itu sejalan, selamat! Kamu nggak perlu galau hehehe. Kalau yang beda? Jawabannya kembali ke kamu. Apakah kamu bisa menjalani pekerjaan yang diimpikan orang tuamu? Atau kamu merasa akan bisa bekerja dan berkembang kalau mengikuti apa yang kamu suka?

Sedikit saran dari aku, pilihlah mana yang kamu yakin bisa kamu jalani 🙂

Kalau menurut kamu gimana? Diskusi di kolom komentar yuk 😀

1 comment found

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.