Travel

Nasi Jamblang Cirebon Punya

Halooo! Salam dari kota Cirebon, kota yang nggak disangka-sangka panasnya ampuuun dah. Pagi siang malem seharian panas hawanya. Jadi mau nggak mau rajin mandi deh. Waktu siang, mataharinya bikin nggak mau kemana mana aja gitu, saking teriknya. Jadinya deh selama di sini aku jadi anak malam. Nggak sih, sebenernya kalau di Jogja juga anak malam. Sesiangan ngendon di rumah, malemnya baru keluar cari kehidupan di kota wkwkwk

Hal yang paling pertama pengen dilakuin kalau napak di kota lain itu tuh dah pasti nyobain kuliner khasnya. Kuliner khas Cirebon sih yang aku tau ada nasi jamblang sama empal gentong. Pengetahuanku tentang kuliner daerah sini masih sedikit sih maafkeun hehehe. Kalau empal gentong entah kenapa aku kurang tertarik. Aku paling penasaran sama nasi Jamblang. Ini kedua kalinya aku ke Cirebon. Pas pertama kali, belum sempet nyobain nasi Jamblang. So sad. Jadinya malem kemarin aku pergi cari nasi Jamblang. Pilihanku jatuh ke Nasi Jamblang Bu Pitri.

Aku dateng tanpa ekspektasi apapun. Katanya sih rasanya kayak nasi biasa tapi dibungkus daun jati gitu kan, nah itu yang bikin penasaran. Sampe tempatnya, langsung pesen dua porsi nasi (karena kalau satu kecil banget sis porsinya, kayak nasi kucing angkringan gitu loh). Lauknya milih sendiri, banyak banget pilihannya. Ada dada ayam, rempelo ati, sate telur puyuh, telor dadar, otak sapi, dan masih banyak pokoknya pilih aja sesuka hati. Kalau aku sih milih pake lauk rempelo ati, sate telur puyuh, sama sate kentang (ada bumbu manisnya gitu). Terus nasi ini sepaket sama teh tawar segelas, jadi pas kamu duduk langsung otomatis dikasih minum gitu. Oke difoto-foto dulu. Cekrek! Cekrek! Iya baru dicobain abis itu……

Nyam! Enak banget hehehe. Nasinya emang rasanya ya nasi biasa, tapi apa ya, menurutku sih lebih menggugah selera makan aja gitu. Lauk lauknya juga bikin tambah enak. Oiya jangan lupa deh pake tempe kripik gitu buat kriuk kriuk. Mau bungkus bawa pulang juga bisa loh. Terus kan karena ini pasti jadi destinasi kuliner para wisatawan, aku dah siap-siap aja nih kalau harganya waw. Eh pas bayar, kaget banget aku, cuma abis di bawah 10 ribu rupiah! Bahagiaaaa! Jadi harganya mahal atau nggak sih tergantung sama milih aluk apa gitu, sama berapa macam lauk. Pasti bakal balik berkali-kali ke sini sih aku wkwkwk

 

Selamat mencoba ya bagi yang lagi mampir ke Cirebon!

IMG_20171102_202138[1]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *