Slice of Life

My Daily Routine Skincare

Ngomongin tentang produk kecantikan… Hmmm jujur kalau aku jarang dandan. Punya beberapa make up basic di rumah kayak BB Cream, Foundation, Eye Shadow, Eye Liner, Pensil Alis, dan lain-lain. Tapi ya itu tadi, jarang dipakai. Karena gitu makanya udah 3 bulan terakhir ini aku nggak beli make up lagi kecuali pas lagi butuh kayak kemarin lipstick atau bedak habis.

Selain itu, aku adalah yang percaya bahwa kesehatan dan kebersihan kulit wajah itu lebih penting. Kalau kulit wajah dalam keadaan super baik, mau ditempelin make up kayak apa juga oke hasilnya, menempel dengan baik. Nah jadilah aku cewek yang lebih mentingin skin care daripada make up. Aku lebih milih belanja untuk skin care daripada nambah make up terus ujung-ujungnya dianggurin.

Beberapa tahun terakhir baru booming 10 step cantik ala cewek-cewek Korea Selatan. Wah banyak banget! Nih coba aku sebutin ya:

  1. Cleansing : make up remover
  2. Cleansing : cuci muka
  3. Exfoliate
  4. Toner
  5. Essence
  6. Serum
  7. Masker (Sheet mask / biasa)
  8. Eye Cream
  9. Moisturizer (Pelembab)
  10. Sun Block (untuk day time)

Katanya kalau setiap hari melakukan ini pagi dan siang hari, niscaya akan punya kulit wajah yang cantik, flawless, dan glowing seperti cewek-cewek korea. Kalau kulit wajah udah bagus kayak gitu, mau pakai make up apa mah hayuk. Dulu (eh sampai sekarang) aku mikirnya wah ribet banget. Tapi kalau diperhatikan emang itu merawat wajah step by step jadi nutrisi untuk wajah tuh bener-bener terpenuhi.

Pastinya sebagai cewek yang nggak mau ribet, aku nggak mengikuti semuanya. Untuk daily routine skincare pagi dan malam aku cuma mengikuti 5 dari 10 step (kalau lagi rajin~)

1. Cleansing : Make up Remover

Kenapa di 10 step itu cleansingnya 2 kali? Karena itu kuncinya katanya. Double cleansing istilahnya. Jadi pertama bersihin make up dulu bisa pakai Micellar Water atau Milk Cleanser. Nah aku biasanya pakai milk cleanser murah meriah aja dari Viva yang Greean Tea atau Micellar Water dari Nivea MicellAir.  Aku sukaaa Nivea MicellAir ini! Soalnya bener-bener angkat make up, nggak beralkohol jadi aman buat wajah, dan juga melembabkan.

Sumber: Sociolla

2. Cleansing : Face Wash

Habis selesai bersihin make up step pertama, aku terus cuci muka. Aku sempet ganti-ganti sabun cuci muka. Awalnya aku sempat konsisten pakai Garnier Pure Active Green Tea. Aku suka pakai itu karena bikin keset banget mukanya habis dibilas. Later I know, kalau itu ternyata kurang baik buat muka. Jadi bikin kering gitu katanya. Makanya aku ganti sabun cuci muka lagi dan akhirnya memilih pakai sabun bayi aja, Jhonson Baby Bath (yang biru). Kalau pakai ini habis cuci muka dia masih lembab gitu nggak kering banget jadinya.

Sumber: JhonsonBaby.com.ph

3. Toner

Toner ini katanya ya berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran di muka kalau masih ada. Juga katanya bisa mengembalikan kadar pH di kulit wajah gitu. Toner ini juga bikin muka lebih siap untuk step selanjutnya, bikin essence dan serum gitu lebih mudah meresap. Aku sih pakai murah-murah aja dari Viva Greentea juga. Tapi akhir-akhir ini aku lebih seringnya pakai Rose Water gitu untuk pengganti tonernya.

Sumber: Haple.id

4. Serum

Banyak banget serum yang direkomendasikan sama orang-orang. Serum dari korea apalagi, katanya ampuh banget. Aku belum berani nyobanya. Jadilah aku pakai face oil dari Haple.id ini. Aku pakai yang Grapeseed Oil dan Almond Oil gitu dicampur karena kulitku kombinasi normal to oily. Menurut aku semenjak makai ini, muka cukup leembab, jerawat juga jadi jarang nongol, muka jadi lumayan cerah bersih gitu kalau pas lagi rutin pakai (iya, akhir-akhir ini jarang). Hal yang aku suka juga dari face oil ini adalah dia bikin make up ku lebih awet karena memang salah satu fungsinya itu mengontrol minyak.

Sumber: Haple.id

5. Masker

Aku paling suka ini momen maskeran! Apalagi pas habis selesai maskeran, terus cuci muka, terus ngaca…. Wah kingclong hahaha. Aku ada 2 masker yang sering aku pakai bergantian, Freeman Avocado dan Pinklab.co Dead Sea Mask. Nyobain Freeman pastilah karena review dari Suhay Salim yang katanya ini masker bagus banget. Aku nitip temenku yang kapan itu ke Malaysia. Sempet lho hype banget ini masker sampai di Malaysia sana katanya tuh laku keras, dibeli orang Indonesia.

Nah kalau Pinklab.co Dead Sea Mask ini aku lupa tergiur dari review siapa. Tapi emang menurutku masker ini bagus. Cukup ampuh mengangkat komedo (komedoku cukup halus keci;-kecil gitu) dan juga melembabkan wajah. Untuk masker aku hanya pakai 2 masker ini dan juga 1 varian masker dari bubuk gandum. Nggak koleksi banyak-banyak. 2 itu aja ya udah hampir setahun ini belum habis juga hahaha 😀

Sumber: Shopee.co.id

 

Sumber: Bukalapak.com

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah itu dia 5 step yang aku usahakan sih rutin tiap hari hehehe walaupun ya masih males kadang tuh. Tapi kalau habis pakai full make up gitu pasti banget melakukan 5 step ini. Biar nggak jerawatan dan kulit wajah kembali sehat setelah kena make up seharian.

Selain 5 step itu aku juga rutin Exfoliating. Exfoliating ini fungsinya adalah pengelupasan kulit mati, renewing gitu lah. Produk yang aku pakai untuk exfoliating ini adalah Freeman Apricot Creamy Scrub. Jadi ya ini ada scrub kecil-kecilnya gitu yang membantu deep cleansing juga exfoliating. Aku pakai scrub ini 2-3 hari sekali (karena emang nggak boleh dipakai setiap hari ya).

Sumber: shopee.co.id

 

Itu lah tadi daftar dari skincare yang sering aku gunakan. Aku bukan beauty blogger jadi review pun asal-asalan sesuai yang aku rasakan aja. Dan produk-produk di atas itu memang yang aku pakai dan cocok di aku ya. Karena skincare ini kan cocok-cocokan ya di kulit masing-masing orang.

Menurutku nih ya, cewek ataupun cowok melakukan perawatn basic begini. Terutama untuk cleansing dan exfoliating. Supaya wajahnya bersih cerah gitu. Kan ya seharian beraktivitas nempel semua kotoran di muka. Kasian kulit mukanya….

Dan jangan lupa pakai sunblock sebelum pergi ke luar rumah!

Luv,

 

13 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *