Travel

Menginap di Khaosan Road, Surganya Backpacker

Bangkok menjadi salah satu negara yang dikunjungi dan merupakan negara terlama yang disinggahi dari perjalanan 14 hari keliling Asia Tenggara kemarin. Bangkok punya berbagai macam tempat wisata mulai dari candi, istana, kawasan belanja, dan lain sebagainya. Tapi karena waktu perjalanan terbatas, aku dan temanku hanya merencanakan singgah 5 hari di Bangkok. Selama di Bangkok kami menghabiskan paling lama tinggal di kawasan Khaosan Road.

Awalnya sama sekali nggak kepikiran mau stay di sekitar Khaosan Road selama di Bangkok. Waktu searching hostel-hostel yang terjangkau, ternyata banyak penginapan murah di sana. Iseng Googling jadi baru tau kalau ternyata Khaosan Road itu emang terkenal “Surganya Backpacker hahaha. Khaosan Road terkenal jadi tempat ngumpulnya backpacker atau turis dari negara mana pun. Tapi bukan itu aja pertimbangan kami sampai akhirnya mantep mau stay di sana.

1. Banyak Penginapan Murah

Di Khaosan Road dan sekitarnya ini ada banyak banget penginapan yang murah dan fasilitasnya oke. Selama di sana aku nginep di The Mixx Hostel selama 4 hari 3 malam. Pilih yang mixed dorm harga per malamnya 110 Bath atau sekitar Rp 55 ribu rupiah. Udah dapat sarapan setiap pagi. Murah kan??!! hehehe.

Selama perjalanan keliling Asia Tenggara kemarin aku selalu menginap di hostel. Ini daftar harga penginapan yang aku tempati.

Fasilitas hostel murah ini gimana? Lumayan menurutku. Kamar bersih, fasilitas kamar mandi dan wc juga bersih. Itu yang penting buatku dalam milih penginapan. Lokasinya juga nggak terlalu jauh dari main roadnya.

The Mixx Hostel Khaosan Road (Agoda.com)

Aku pribadi lebih suka menginap di hostel, selain karena harganya lebih murah, di hostel bisa memungkinkan untuk ketemu teman perjalanan baru. Di hostel biasanya ada beberapa tipe kamar yang ditawarkan, seperti mixed dorm, male dorm, female dorm, dan private room. Untuk dorm juga bervariasi jumlah bed per kamarnya, sekitar 4-12 bed. Nah karena 1 kamar berisi banyak orang, jadi memungkinkan kenalan dengan backpacker yang lain. Waktu di Bangkok kemarin, aku bertemu dengan 2 backpacker dari Amerika dan mereka menawari untuk bergabung dengan rencana trip mereka keesokan harinya. Sayang aku udah punya rencana sendiri, nggak jadi deh pergi bareng mereka.

Tips: Pilih penginapan di gang gang sekitaran Khaosan Road (bukan di main road). Di sana kamu akan lebih banyak menemukan pilihan penginapan yang lebih murah dengan fasilitas serupa. Dan yang terpenting kamu bisa mendapatkan suasana yang lebih tenang.

2. Gampang Cari Makan di Khaosan Road

Keuntungan lainnya menginap di sekitar Khaosan Road adalah banyak penjual makanan yang murah dan enak! Jadi di Khaosan Road itu ada pasar malam yang buka setiap malam. Di sana kamu bisa menemukan banyak penjual makanan khas Thailand, seperti Pad Thai, Mango Sticky Rice, Resto-resto Asia yang lain, dan juga hidangan serangga!

Baca:Biaya Makan Kelilingg Asia Tenggara

Tuh yang penasaran pengen nyobain makan hidangan yang ekstrim bisa di sana hahaha. Tapi hati-hati kalau kamu cuma mau memotret serangga-serangga yang siap makan ini tanpa membelinya. Hampir setiap penjual mematok harga 50 Bath hanya untuk memotret serangga yang dihidangkan!

Penjual Pad Thai di Khaosan Road
Hostel di Khaosan Road seberangnya McD

Pasar Malam di Khaosan Road ini buka sampai dini hari. Jadi kalau kelaparan di tengah malam nggak perlu khawatir. Selain itu, di sekitar sana juga banyak resto fast food seperti McD atau Burger King. Hostel yang aku tinggali waktu itu bahkan tepat berlokasi di depan McD

Buat kamu yang tertarik dengan ‘dunia malam’, di Khaosan Road banyak banget berjajar bar-bar yang buka. Mulai sore hari bar-bar itu udah saling berlomba untuk menggaet pelanggan ke bar mereka. Banyak promo yang ditawarkan. Semakin malam, semakin meriah!

3. Dekat Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Bangkok

Tinggal di kawasan yang dekat dengan tempat-tempat wisata lebih menguntungkan karena bisa menghemat budget transportasi dalam kota. Kawasan Khaosan road ini berlokasi nggak jauh dari Grand PalaceWat Pho, Wat Arun, juga beberapa tempat wisata lainnya. Tempat-tempat di atas masuk list yang wajib kamu kunjungi? Dengan tinggal di Khaosan Road kamu bisa ke tempat-tempat tadi dengan berjalan kaki atau naik Tuk-Tuk.

Waktu itu karena tau jarak hostel dan Grand Palace nggak terlalu jauh, sekitar 10-15 menit jalan kaki, jadi kami sepakat untuk jalan kaki aja. Itung-itung olahraga ya hahaha soalnya jarang olahraga juga nih 😉 Agak lumayan kerasa sih apalagi kalau jalan siang hari gitu, tapi karena jalannya santai, bareng temen juga, jarak segitu nggak masalah.

Jalan kaki ke Grand Palace Bangkok

Terus dari Grand Palace mau ke Wat Pho dan Wat Arun ternyata deket banget juga! Cuma jalan 5-10 menit atau bisa naik tuk-tuk paling 3 menit aja sampai. Jadi possible banget jalan ke tempat-tempat wisata tersebut dalam satu hari dan jalan kaki karena berada di satu kawasan. Warga sekitar juga ramah-ramah, jadi kalau ditanyain baik banget mau bantu dengan tulus hehehe

Selain itu, Khaosan Road sebagai kawasan backpacker tentunya mudah dijangkau dari mana pun dengan berbagai jenis transportasi. Bisa dengan taksi, Tuk-tuk, maupun Bus Kota. Semua informasi ini bisa kamu dapatkan dari Google Maps. Dengan Direction akan ada info bus mana yang lewat jalan itu dan apa saja alternatif transportasi untuk ke sana.

Tips: Cari tau dan pahami bagaimana transportasi dari atau ke tempat wisata yang kamu tuju. Kamu bisa bertanya dengan petugas hostel sebelum pergi atau browsing selengkap-lengkapnya informasi dari internet sebelum pergi. Kalau masih nggak yakin harus jalan ke mana, pakai GPS (Gunakan Penduduk Sekitar). Malu bertanya sesat di jalan itu benar adanya lho hahaha. Kamu juga bisa menemukan hidden gem yang hanya diketahui sedikit turis dari bertanya dengan penduduk sekitar!

Udah deh, kurang lebih inilah alasan aku memilih stay cukup lama di Khaosan Road. Selain karena banyak penginapan murah, akses transportasinya juga mudah. Tetep penting untuk diingat, di manapun lokasi kamu menginap, jangan lupa untuk terus waspada demi keselamatan diri sendiri.

Selamat jalan-jalan!

luv,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *