Keliling Surabaya Gratis dengan Surabaya Heritage Track

Halo! Setelah lama nggak kemana-mana, akhirnya minggu lalu dapat kesempatan untuk melakukan perjalanan ke Surabaya. Wuhuu seneng banget!

Tapi pasti ada yang bertanya-tanya, apa senengnya ke Surabaya? Emang di sana ada apa?

Memang aku nggak punya waktu lama di Surabaya kemarin dan cuma bawa budget mepet. Jadi yang aku pengen adalah dengan biaya seminim mungkin, gimana ceritanya bisa puas keliling Surabaya. Dan aku menemukan solusinya!

Nih aku bagi infonya deh~

Besok lagi kalau kamu ke Surabaya, cobain deh SURABAYA HERITAGE TRACK dari House of Sampoerna. Iya, Sampoerna merk rokok itu loh. Jadi mereka punya museum di Surabaya yang isinya adalah sejarah bisnis mereka dari awal sampai sekarang udah berhasil ekspor ke luar negeri. Nah selain itu,  di House of Sampoerna menyediakan tur keliling Surabaya GRATIS 3 kali sehari dengan tema yang berbeda-beda dan beroperasi setiap hari kecuali hari Senin (jadwal dan tema tur bisa kamu lihat di websitenya atau klik di tautan). Mungkin udah banyak yang tau tentang wisata gratis ini, aku pun udah lama pengen nyobain. Iya seriusan GRATIS.

Untuk daftarnya, kamu tinggal dateng ke museum House of Sampoerna, terus masuk ke ruangan di sebelah Tanamera Cafe. Pastikan kamu datang jauh sebelum waktu berangkat ya supaya kebagian kursi! Karena buanyak yang mau ikutan.

Sambil nunggu waktu berangkat, kamu bisa masuk dan lihat-lihat ke dalam museumnya. Isinya ada sejarah Sampoerna juga art gallery. Kalau waktunya pas, kamu bisa lho naik ke lantai 2 untuk melihat secara langsung para pekerja yang lagi ngelintingin rokok.

Oiya, waktu itu aku sampai sana sekitar jam 12.15 rencananya mau daftar tur yang jam 13.00 jadi langsung daftar buat turnya. Ternyata udah penuh 🙁 tapi tetep nulis nama di waiting list. Aku tungguin terus sampai menjelang jam 13.00. Untungnya, aku bisa ikut pada akhirnya!

Tur ini berdurasi sekitar 1,5 -2 jam. Jadi selain disediakan bus untuk transport, ada juga tur guide yang bakal nemenin dan jelasin secara detail tentang tempat-tempat yang dikunjungi! Wah rasanya seneng banget jadi bisa tau banyak tentang sejarah Surabaya.

Waktu itu aku kebagian tema Surabaya Kota Pahlawan. Kita tau kalau waktu Indonesia dijajah, seluruh Indonesia berperang. Tetapi kenapa Surabaya yang disebut kota Pahlawan? Nah dijelaskan jawabannya di tur ini.

Tema tur Surabaya Kota Pahlawan mengunjungi 2 tempat yaitu Tugu Pahlawan dan PTPN XI. Sepanjang jalan yang dilewati juga akan dikasih info kalau melewati bangunan-bangunan bersejarah lainnya yang berhubungan dengan tema turnya.

Ada kejadian paling berkesan waktu aku ikutan tur ini. Jadi waktu itu aku ikutan tur, guidenya adalah seorang mas masih muda (sekitar 27-28 tahun umurnya). Masnya nih pakai kaos kaki yang lucu banget, warna biru muda gambar telor ceplok gitu. Iya, kaos kakinya keliatan soalnya celananya dilipet dikit ala ala anak sekarang gitu.

Nah dari awal liat tuh dah gatel pengen muji, tapi takut dikira ngegodain (masnya dah beristri beb). Selama kurang lebih 1,5 jam tur cuma bisa dengerin masnya ngejelasin sejarah sambil nahan pengen muji. Terus sampailah di akhir tur, ada kesempatan buat ngomong terimakasih (karena udah kasih penjelasan jelas banget selama tur) dan akhirnya aku muji “mas, kaos kakinya lucu”. Masnya nampak senang lalu jawab “Iya mbak, ini baru, favorit saya juga”. Terus yaudah, aku pergi masuk ke museumnya karena tadi sebelum tur belum sempet masuk.

Menjelang jam 15.00 tuh aku dah keluar dari museum. Terus ceritanya mau pesen gojek di deket gerbang masuk, tiba tiba dipanggil sama mas guide tadi. “Mbak, mau ikut tur lagi nggak? Ini ada sisa 1 tempat”. Wah rejeki alhamdulillah! Rejeki ini nggak bisa ditolak, karena tur jam 15.00 ini temanya beda dengan yang sebelumnya. Fyi, 1 pengunjung hanya boleh sekali ikut tur dalam sehari itu yaa. Ini pasti karena pujian tadi deh, hehehe

Di tur kedua ini, temanya adalah menulusuri jejak Kraton Surabaya. Hayoloh, pada tau nggak kalau Surabaya punya Kraton? Sore itu, kita diajak ke kampung Kraton Surabaya dan Cak Durassim, tentunya dengan masnya menjelaskan sejarah-sejarahnya. Tur selesai sekitar jam 16.00.

Pokoknya dua kali tur ini bikin lebih kenal Surabaya deh. Jadi kalau yang bilang,”ih ke Surabaya ngapain? Nggak ada apa-apa”. Kamu harus cobain ikut Surabaya Heritage Track ini dan melihat Surabaya Tempo Dulu!

Muka bahagia bisa keliling Surabaya gratis

 

Besok bakal kembali dengan cerita sejarahnya ya!

bye luv,

One comment on “Keliling Surabaya Gratis dengan Surabaya Heritage Track

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *