Slice of Life

Kalau Dapat Uang 100 Juta Mau Ngapain Ya?

Suatu siang, aku pernah mendapat pertanyaan dari seorang teman,”menurut kamu, kaya itu kalau punya uang berapa?”. Hmmm berapa ya, bingung juga jawabnya. 10 juta? 100 juta? 1 milliar? Berapa ya?

Waktu itu aku menjawab 100 juta. Kalau aku punya 100 juta, aku kaya.

Lalu katanya,”Definisi kaya tiap orang beda-beda, tergantung dari seberapa yang dipunyai saat ini. Kalau kamu gaji 10 juta, kamu lihat 100 juta udah kaya. Tapi buat orang yang punya harta 1 trilliun, 100 juta itu belum ada apa-apanya”.

Oh iya juga ya….

Karena aku sudah menjawab 100 juta, lanjutkan saja yuk dengan berkhayal kalau tiba-tiba nih dapat uang segitu, bakal digimanain yaaaa~

Sekalinya membayangkan aku dapat uang sebesar 100 juta rupiah, langsung dah tuh ide-ide barang apa aja yang mau dibeli langsung bermunculan. Ya maklum rasa ingin belanjanya tuh meningkat kalau ingat punya uang banyak. Tapi, sebenernya butuh nggak sih? Masih ada prioritas lain nggak sih?

Jadilah aku mengganti rencana itu. Kalau aku dapat uang 100 juta sekarang, aku akan membaginya menjadi:

60% Investasi

Katanya semakin lama berinvestasi akan semakin banyak juga kekayaan yang terkumpul. Sama juga dengan semakin banyak yang diinvestasikan, semakin banyak juga dong yang terkumpul. Makanya, mumpung dapet uang banyak kan, 60% nya langsung dimasukkan ke investasi. Toh belum ada cicilan ini itu juga. Jadi nggak ada yang urgent dilunasin.

30% Dana Emergency

Menyiapkan dana emergency itu penting kan? Kita nggak akan pernah tau apa yang ada di depan, bahkan satu jam ke depan akan kejadian apa juga kita nggak tau. Dana emergency untuk kalau tiba-tiba sakit, tiba-tiba kena musibah. Biar yang tiba-tiba ini nggak bikin pusing pusing banget karena udah ada dananya.

5% Dana Kebaikan

Tiba-tiba dapat uang sebanyak itu tentu sebuah keajaiban. Dan sebaiknya keajaiban juga dibagikan kepada orang lain. Mungkin nggak seberapa dari total 100 juta ya, tapi kan kita juga nggak pernah tau seberapa pentingnya uang itu untuk mereka yang kita bantu.

5% Belanja

Hehehehe, mumpung ada uang lah. Beli kebutuhan baju baru, celana baru, sepatu baru, yang dari kemarin kemarin ditunda terus belinya karena ada lain yang lebih penting. Juga beli buat hobi, novel baru gitu berapa 😀

 

Ah udah sekian ngayalnya. Semoga dikabulin malaikat! :))

 

Luv,

8 Comments

  • Nita mbul

    Wowww 5% aja buat hore hore belanjanya, hihi sungguh kau sangat hemat naq muda, klo aku yg dah ‘rumah-rumah’ pesti langsung kesedotnya buat bayar cicilan n tagihan listrik tu hiks

    Tapi bener aih, mending 60% investasikan, lebih amaaan

    • Andita

      Hehehe iyaa mbak, daripada belanja tp nggak dipakai kan ya, numpuk aja :”) iya ya mbak, karena masih single jd tagihan belum banyak kalau sekarang 😀

  • Jane Reggievia

    Samaan, Mba. Kalo dapet rezeki 100jt, hal pertama yang pasti aku lakukan adalah disisihin ke dana darurat dan modal usaha sih. Untuk keperluan foya-foya di terakhir aja, meski nggak boong ya tergiur dengan angka 100jt hahaha tapi kalo gak ditabung gimana mau hidup

  • Ratna

    Kalo aku, menghayal dapat 100 juta mau didonasikan aja semuanya. Lho kok, trus buat aku mana?? Gampang, tinggal ngayal aja lagi hihi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *