Slice of Life

Inilah 3 Alasan Menulis Blog

Hmmm cukup susah mengingat kapan pertama kali kenalan dengan blog, mungkin akhir SMP atau awal SMA. Hal yang masih aku ingat hanya, alasan membuat blog pertama kali adalah untuk menyatakan perasaan, mengeluarkan apa yang ada di dalam hati hehehe

Waktu itu dan tahun-tahun setelahnya, masih sering mengisi blog terutama saat patah hati. Sekalipun nggak pernah ada pikiran untuk mempelajari blogging dengan cukup serius. Blog hanya dijadikan pelepas rasa bosan dan tong sampah dari beban pikiran.

Tapi di pertengahan tahun 2018, tujuanku menulis di blog berubah. Juga konsep dan hal-hal yang aku tuliskan pun tidak seremeh sebelum-sebelumnya yang masih merupakan diary online. Diikuti dengan kenekatan membeli domain dengan harapan akan lebih sering menulis. Ada beberapa hal yang menjadi alasanku menulis blog saat ini:

Menuangkan pendapat

Di era sekarang, sudah sangat banyak lahan atau platform untuk menuangkan pendapat atau opini pribadi terhadap berbagai hal. Ada twitter, instagram, youtube, blog, medium, etc you name it. Dari berbagai platform tadi, cara menuangkan pendapatnya berbeda-beda. Dan sampai sekarang, bagiku menulis masih menjadi salah satu cara termudah untuk menuangkan apa yang ada di dalam pikiranku. Walaupun mungkin presentase minat baca sekarang sudah semakin sedikit, tetapi di blog aku bisa menuangkan pendapat tanpa ada batasan (durasi/panjang artikel). Aku pun menuliskan pendapat-pendapatku di sini untuk membebaskannya dari pikiranku sendiri. Kalau ada yang baca ya itu bonus hehehe

Baca: Bersyukur Itu Semudah Mengeluh

Berbagi informasi

Menyadari bahwa informasi bisa didapat dari mana pun terutama tulisan-tulisan yang diunggah ke web, aku mulai menggunakan blog sebagai sarana untuk berbagi informasi. Jadi bukan hanya sekedar sebuah post tanpa tujuan, tapi di dalamnya juga terdapat beberapa pesan yang disampaikan untuk yang membacanya. Juga untuk post mengenai traveling, aku usahakan untuk mencantumkan informasinya sedetail dan sejelas mungkin. Sharing is caring.

Media personal branding

Zaman sekarang pasti sering mendengar atau membaca kutipan “Kamu adalah apa yang ada di sosial mediamu”. Untuk menilai orang, cukup dengan membuka salah satu media sosial yang dipunya lalu orang akan menilai dari foto apa yang kamu unggah, apa yang kamu tulis di caption, dll. Jadilah blog ini sekarang juga menjadi media unjuk gigi, media untuk menunjukkan kemampuan atau portofolio yang dipunyai.

Selanjutnya merupakan pesan untuk diri sendiri: Konsisten YUK!

10 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *