Slice of Life,  Travel

Dorong Motor dari Bedog Art Festival

Salah satu hal yang bikin aku seneng hidup di Jogja adalah jiwa seninya orang orang di sini tinggi. Mulai dari tarian tradisional, musik tradisional, lukisan, pameran, sampe kerajinan-kerajinan khas juga tersebar di seluruh Jogja. Karena jiwa seni yang tinggi ini, di sini sering banget ada acara-acara seni yang bagus dan gratis pula hehehe. Beberapa acara snei besar yang udah tahunan digelar itu ada Festival Kesenian Yogyakarta (FKY), Pasar Kangen Jogja, Ngayogjazz, Prambanan Jazz, Art Jog, Bedog Art Festival, dan masih banyaaak lagi.

Nah tahun ini akhirnya aku punya kesempatan buat nonton Bedog Art Festival lagi, beragkat berdua sama adekku. Bedog Art Festival ini diadakan di Kali Bedog, Studio Banjarmili, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Iya, jadi Bedog Art Festival ini tu digelar di atas Kali Bedog. Jadi nontonnya ya di sepanjang pinggir kali itu. Art space di kali ini udah didesain segala rupa panggungnya untuk pagelaran karya seninya. Di sekitar panggung dan tempat penonton itu ada senthir-senthir (lampu minyak). Syahdu banget tempatnya.

Bedog Art Festival ini dah digelar selama 8 tahun berturut-turut. Panggung untuk tahun ini agak berbeda dari panggung-panggung di tahun sebelumnya. Katanya supaya bisa mengeksplor art space nya dengan optimal. Acara ini digelar 2 hari aja, 28-29 Oktober 2017. Bakal ada penampilan dari penggiat seni oleh berbagai penjuru Indonesia, juga dari Internasional. Di Bedog Art ini isinya tu tarian dan musik gitu, ada yang tradisional juga kontemporer. Di sini udah disiapin tempat duduk kayak tribun gitu, juga ada tempat lesehan. Acaranya mulai jam 19.30. Jadi mending dateng agak lebih awal biar bisa dapet duduk di kursi yang pewe buat nonton plus foto-foto gitu.

Aku dateng hari pertama kemarin. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, juga dengan sambutan-sambutan yang dilanjutkan pelepasan ikan ke Kali Bedog. Langsung setelah pembukaan penampilan dibuka oleh penari dari Surabaya dengan judul karya “Hanger”. Abis itu ya masih banyak penampilan yang bikin aku seneng banget nontonnya. Bagus-bagus soalnya. Ada karya dari Kalimantan Selatan, Padang Panjang, Malaysia/ Belanda, Jerman dan USA, keren-keren semuanya.

DSC_1161
Pelepasan ikan sidat ke Kali Bedog oleh penyelenggara
DSC_1183
STKW, Surabaya-Hanger
DSC_1205
Belanda/ Malaysia- “Unfolding”
DSC_1207
Kotabaru, Kalimantan Selatan- “Piruhut”
DSC_1214
Kotabaru, Kalimantan Selatan- “Piruhut”
DSC_1234
Katie dan Jordan, Jerman & USA

IMG_20171029_103318[1]

IMG_20171028_184548[1]
Nah ini ada kejadian seru abis pulang dari nonton Bedog Art. Jadi aku pulang sebelum satu penampilan terakhir. Waktu baru nyampe di jalan sepi masihjauh dari rumah, eh tiba-tiba ban bocor. Ealaahhhh begimana nih, kan susyaaah cari tambal ban deket situ di hampir tengah malam gitu. Yasudah deh setelah menertawakan nasib sebentar, ku dorong dorong motor sama adek berdua. Jalanannya sepi, gelap lagi. Aku sih sebenernya takut, cuma nggak ngomong aja. Nggak tau deh kalo adekku mikir gimana. Sepanjang jalan dia diem, aku sibuk nyanyi lah atau ngoceh biar nggak ketakutan hahaha.
IMG_20171028_233757[1]
Dah mayan jauh dorong, ada poskamling, terus nanya ke bapak-bapak. Dikasih tau kalo di depan situ ada tambal ban. Oke kita dorong dorong lagi, eh iya sih ada tapi dah tutup. Kita hanya bisa terdiam karena ini masih jauh dari tempat yang agak ramean dikit.

Pas lagi bengong, eh ada bapak gitu dari lawan arah, nanyain itu kehabisan bensin atau ban bocor. Kita jawab kan, terus bapak nya ngasih tau deh kalo di perempatan sana ada tambal ban. Tapi perempatan yang dimaksud itu masih jauh, ya 15-20 menit jalan gitu :”)Yasudah pantang menyerah dorong-dorong lagi. Si bapak yang tadi berinisiatif buat ngomong ke tambal bannya biar ngga tutup dulu. Dah begitu aja kita seneng dah ada yang mau bantuin, kita terimakasih berkali-kali ke si bapak. Ya kan nda lucu juga kalo dah dorong dorong sampe sana ntar dah ditinggal tutup, masih jauh dari rumah oy :”)

Lanjut dorong-dorong terus sampe keringetan, dan akhirnya sampailah di tempat tambal ban. Yeah alhamdulillah yaaaaa

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Bedog Art Festival ini tuh acara tahunan lho. Jadi yang belum sempet nonton tahun 2017 kemarin, jangn sampai ketinggalan ya di tahun 2018 ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *