• Self Development,  Slice of Life

    Setelah Lulus Kuliah Mau Ngapain?

    Kita hidup dengan banyak pertanyaan setiap harinya. Ya apalagi seiring bertambahnya umur, pertanyaan-pertanyaannya semakin rumit untuk kita jawab. Sebagian karena memang kepo, sebagian karena memang peduli dan ingin tau rencana kita tentang masa depan. “Habis lulus kerja atau S2? Atau nikah?” “Mau kerja di mana? Ngerjain apa?” “Kapan nikah?” Jangankan jawab pertanyaan dari orang, jawab pertanyaan untuk diri sendiri aja nggak tau jawabannya. Hadeuh rumit juga mau menjadi dewasa. Beberapa hari setelah yudisium, aku mendapat salah satu pertanyaan rumit itu dari ayahku,”Mbak habis ini mau ngapain? Kerja di mana?”. Yaaa aku tau as soon as I graduated akan menerima pertanyaan seperti ini. Jadi sebelumnya aku bertanya ke diri sendiri sebenernya…

  • Self Development

    Grogi? Ingat untuk Bernapas!

    Apakah kamu pernah merasa sangat grogi sebelum presentasi atau membawakan sebuah acara? Bahkan setelah kamu sudah banyak latihan dan mempersiapkan semuanya dengan matang? Apakah rasa grogi itu sangat menganggumu sampai mempengaruhi penampilanmu? Salah satu faktor yang membuat banyak orang takut berbicara di depan umum bahkan jauh sebelum dimulai adalah rasa grogi. Takut merasa grogi lalu malu karena blank di depan. Dulu sebelum aku mulai belajar lebih tentang Public Speaking, aku pun merasa sangat terganggu dengan rasa grogi. Menurutku pada waktu itu, grogi adalah rasa yang muncul karena aku kurang siap dan grogi itu pula yang membuatku tidak yakin dengan penampilanku. Belakangan ini setelah beberapa kali diskusi dengan mentorku di kantor,…

  • Self Development

    Life is All About Choices

    Tanpa kita sadari, kita hidup untuk memilih. Walaupun terlahir di dunia ini bukan kehendak kita yang menentukan. Coba diingat-ingat, sesederhana dari pagi hari saja kita sudah dihadapkan dengan pilihan; pilihan bangun dan mandi jam berapa, pilihan baju mana yang akan dipakai untuk beraktivitas seharian, pilihan mau sarapan apa, pilihan mau berangkat ke kampus atau ke kantor naik apa, dan masih banyak lagi pilihan lain seharian. Mau itu pilihan yang terkesan remeh sampai pilihan-pilihan sulit yang berpengaruh besar di kehidupan kita. Menghadapi pilihan-pilihan itu, semua keputusan ada di kita. Yah walaupun seringkali rasanya nggak begitu ya? Seringkali kita berada di persimpangan, harus memilih salah satu jalan. Selagi diam bingung di persimpangan…

  • Self Development

    Tips Survive di Jurusan Pilihan Orang Tua

    87% mahasiswa Indonesia salah masuk jurusan dan 70% alasannya karena mengikuti pilihan orang tua Apakah kamu salah satunya? Kuliah itu nggak seperti waktu sekolah SD sampai SMA. Selain karena materinya berkali-kali lebih rumit, juga karena di kuliah itu individual. Artinya, kalau kamu males ya lulusnya ketinggalan, nggak seperti waktu sekolah yang anak rajin dan males sama-sama lulus di garis finish yang sama. Apa pengaruhnya kalau kuliah di jurusan yang bukan pilihan sendiri? Tentunya karena diawali dengan perasaan nggak suka, materi yang dipelajari akan terasa sangat sangat susah untuk dipahami. Hal itu tentunya membuat kamu jadi males, jadi pengen kabur aja gitu nggak menyelesaikan apa yang sudah dimulai. Bener nggak gitu?…

  • Self Development,  Slice of Life

    Bersyukur Itu Semudah Mengeluh

    Bertahun-tahun di Jogja dan benar-benar kerasa kalau sekarang Jogja tuh panas banget! Kamu ngerasain juga nggak? Waktu siang tuh terik banget sampai rasanya menusuk tulang panasnya. Apalagi akhir-akhir ini ya. Bulan-bulan dimana jarang turun hujan. Dan aku adalah yang selalu mengeluh setiap merasa kepanasan di jalan. Ya Allah! Panas banget Ya Allah. Ini panas banget sih seriusan. Ngomel-ngomel terus aja sepanjang jalan dan ya menggunakan panas sebagai alasan untuk mager, males kemana-mana. Ya maaf maaf nih, belum punya budget untuk beli mobil jadi baru sanggup pakai motor :’) Kayak seminggu yang lalu tuh, aku harus ke kampus untuk suatu urusan. Waktu itu menjelang tengah hari, pas lagi panas-panasnya. Pas matahari…

  • Self Development

    Makna dari Seporsi Seblak

    Beberapa hari lalu aku lagi main ke rumah temenku. Tiba-tiba ada chat masuk dari mama. Kurang lebih bunyinya begini,”mbak, di jalan pulang nggak ada yang jual seblak po? Dah lama ya nggak makan seblak, kayaknya enak”. Karena emang perjalanan dari rumah temenku ke rumahku itu nggak ada yang jual, aku jawab aja,”nggak ada ma”. Begitulah mamaku, sukanya kode kode. Aku sampai rumah malam itu, di meja makan mama nanya lagi,”mbak, di deket sini tu emang nggak ada seblak ya? mbok beli kalo ada”. Pengen banget ya kayaknya wkwk Besoknya seharian kepikiran pulang kantor diusahain beli seblak karena mama segitu pengennya. Buka laptop, eh kepikiran beli seblak. Mau ke kamar mandi,…

  • Self Development

    Mendengarkan Musik Membuat Otak Rileks?

    Seberapa lama kamu mendengarkan musik sehari-hari? 1-2 jam? 3-4 jam? 5-6 jam? atau di setiap menit aktivitasmu? Biasanya kamu mendengarkan musik saat sedang melakukan apa?¬† Belajar? Bekerja? Liburan? Workout? Tidur? Bagi banyak orang, musik merupakan bagian dari kehidupan. Tanpa musik, seperti ada yang kurang. Banyak yang belajar atau bekerja sambil mendengarkan musik. Nggak jarang juga yang¬†road trip sambil mendengarkan musik di mobil. Atau juga bayak dari kita yang meredakan emosi dengan mendengarkan musik. Pernah nggak bertanya tanya kenapa musik begitu melekat di kehidupan sehari-hari? Sedikit cerita, jam biologisku kacau semenjak kuliah. Terutama jam tidur. Tidur jam 2 pagi lalu bangun siang itu yang sudah tertanam di diriku. Tapi beberapa bulan…

  • Self Development

    Sendiri Bukan Suatu Hal yang Menyedihkan

    “Woy Dit abis dari mana nih?” “Nonton tadi di bioskop” “Eh, sendirian banget?” Aku hanya senyum dan berlalu Kamu tipe orang yang pergi kemana-mana harus ada temennya atau yang kemana-mana sendiri nggak masalah? Aku tipe yang kedua. Tapi kalau pergi ada temennya juga seneng sih. Aku mulai kebiasa untuk pergi kemana-mana sendiri itu dari lama, bukan karena dulu nggak punya pacar. Tapi emang ada tempat-tempat yang lebih enak kalau pergi sendiri, contohnya ke toko buku. Eh terbiasa sendiri ini semakin tahun semakin terbiasa. Dulu cuma ke toko buku dan makan sendirian, nah mulai dari pertengahan tahun lalu aku berani nonton film di bioskop sendirian. Kalau ini ada alasannya nih. Jadi…

  • Self Development

    Tersesat dalam Ketenaran di The Greatest Showman

    IMO, film yang bagus adalah yang berkesan lama setelah ditonton. Kemarin akhirnya sempet juga nonton film di bioskop. Dan memilih The Greatest Showman sebagai film pertama yang ditonton di tahun ini adalah pilihan yang sangat tepat. Film “The Greatest Showman” terinspirasi dari kisah nyata P. T Barnum, pendiri Barnum & Bailey Circus. The Greatest Showman bercerita tentang P. T Barnum yang merupakan anak seorang penjahit yang bekerja untuk keluarga Hallet. Suatu hari Barnum muda bercanda dengan anak gadis keluarga Hallet, Charity. Hal itu membuat Tuan Hallet marah, lalu beliau menampar Barnum dan melarangnya bertemu dengan anaknya lagi. Mereka lalu bertemu di luar, Charity bercerita bahwa dia dikirim ke sekolah asrama.…