Travel

Biaya Makan dan Total 5 Juta Keliling Asia Tenggara

Hai! Kemarin udah bahas tentang itinerary, tempat wisata, transportasi, dan penginapan selama perjalanan 14 hari keliling Asia Tenggara. Kali ini bakal bahas yang nggak kalah penting untuk dianggarkan; makanan. Agak susah emang ya menganggarkan budget untuk makan karena kadang kita pengen jajan ini itu banyak sekali. Seenggaknya ktia harus tau kisaran harga makanannya utnuk budgeting.

Kisaran Harga Makan

Malaysia :

Di Malaysia aku cuma singgah sehari. Waktu itu aku anggarkan biaya makan + minum 10 RM sekali makannya. Aku rencanakan 2x makan (makan siang dan makan malam). Tapi kenyataannya, makanan yang aku beli di Jakarta buat sarapan belum kemakan. Jadi makan siangnya nggak keluar biaya di sana hehehe.

Pas makan malam aku beli di foodcourt yang ada di Terminal Bersepadu Selatan, sekalian nunggu waktu masuk ke boarding room. Bair beli nasi goreng dan air mineral seharga 7,2 RM. Kisaran harga makanan di sana 6-8 RM ada kok, itu udah makanan berat kayak nasi goreng, mi goreng, nasi lemak, dll.

Thailand:

Sewaktu aku di Thailand, aku pergi ke beberapa daerah: Hat Yai, Bangkok, dan Ayuthayya. Kurang lebih dari ketiga daerah ini kisaran makan berat sekali makan 40-60 bath. Harga itu belum termasuk minum ya. Biasanya sebelum ke tempat makan aku bawa air minum sendiri.

Nah kalau cemilan, kita tau ya di Thailand itu street foodnya menggoda banget. Makanannya pun beragam. Biasanya kalau jajanannya kecil atau nggak sebesar porsi sekali makan dan biasa aja, harganya 20-40 bath. Jadi bisa tuh biar nggak overbudget, sehari dianggarkan sekali makan+jajan 100 bath.

Vietnam:

Di Vietnam aku agak susah menemukan warung makan yang pas di lidah. Rasanya enak kok, cuma kurang cocok aja.  Cukup PR juga buat nemuin makanan halal. Tapi ada warung makan halal dan nggak mahal kok di district 1, deket hostel yang aku inapi kemarin. Kamu bisa nemu harga makan satu porsi di sini sekitar 35.000-60.000 VND. Waktu di Mui Ne, aku nginap di Eva Hut Hostel. Pizza dan Baguette di sana enak banget!!

Singapore:

Sebenernya ke Singapore dalam rangka transit aja sih. Emang nggak diniati banget untuk ke negara ini. Jadi cari pesawat yang transit lama biar bisa ikut tur gratis, fasilitas dari Changi Airport. Nah selama di bandara, aku makan di foodcourt terminal 2 bandara. Rencananya mau nyari foodcourt karyawan yang katanya lebih murah harganya. Tapi karena capek ya udahlah di foodcourt penumpang aja. Nemu makanan seharga 6,5 SGD, kayaknya ini paling murah hahaha

Ini dia total biaya makan selama 14 hari perjalanan:

Biaya Makan 
RM 12.2Rp 36600
THB 974Rp 487000
USD 3.32Rp 50796
VND 472000Rp 311520
SGD 8Rp 80000
TotalRp 965916

Dannnn ini dia total semua biaya (tanpa ongkos oleh-oleh) perjalanan keliling Asia Tenggara:

Tempat WisataRp 593.780
TransportasiRp 3.473.240
AkomodasiRp 519.420
MakanRp 965.916
TotalRp 5.552.356

Gimana jadi tertarik? Kurang dari 6 juta Rupiah untuk 14 hari perjalanan ke 5 negara. Dan perlu diketahui perjalanan dengan budget segitu nggak bikin perjalanan jadi nggak nyaman. Maksudnya, aku tetep bisa dapat penginapan yang nyaman, transportasi juga dapat yang eksekutif, makan 3 kali sehari aman, tetep bisa jajan juga belanja. Jadi jangan dibayangkan aku selama perjalanan nggembel banget gitu hahaha

Tips:

  • RISET. Sungguh lah riset ini penting banget. Mulai dari riset transportasi sampai larangan ini itu di suatu negara
  • Bikin budgeting dengan harga lebih mahal dari sebenarnya supaya nggak overbudget. Just in case.
  • Bikin itinerary atau minimal daftar tempat yang akan dikunjungi supaya sampai sana nggak bingung-bingung buang waktu.
  • Self-control. Banyak barang lucu-lucu dan makanan yang menggoda selera. Jajan boleh, berlebihan jangan.

Buat kamu yang ketinggalan postingan tentang perjalanan ini, bisa klik link di bawah ya:

Part 1 Itinerary

Part 2Transportasi

Part 3 Akomodasi

Thai tea pertama yang dicobain dan enak banget!
Nasi goreng = safety food 😀

If there’s any question, simply ask me in the comment section below.

Or hit me on instagram or twitter

bye luv,

20 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *