Bersyukur Itu Semudah Mengeluh

Bersyukur Itu Semudah Mengeluh

Bertahun-tahun di Jogja dan benar-benar kerasa kalau sekarang Jogja tuh panas banget! Kamu ngerasain juga nggak?

Waktu siang tuh terik banget sampai rasanya menusuk tulang panasnya. Apalagi akhir-akhir ini ya. Bulan-bulan dimana jarang turun hujan. Dan aku adalah yang selalu mengeluh setiap merasa kepanasan di jalan.

Ya Allah! Panas banget Ya Allah. Ini panas banget sih seriusan.

Ngomel-ngomel terus aja sepanjang jalan dan ya menggunakan panas sebagai alasan untuk mager, males kemana-mana. Ya maaf maaf nih, belum punya budget untuk beli mobil jadi baru sanggup pakai motor :’)

Kayak seminggu yang lalu tuh, aku harus ke kampus untuk suatu urusan. Waktu itu menjelang tengah hari, pas lagi panas-panasnya. Pas matahari tepat di atas kepala. Jaket, sarung tangan, baju lengan panjang tuh udah nggak mempan dah! Panasnya menusuk sampai dalem. Tapi ya tetep berangkat kan mau gimana lagi. Toh sampai di tempat acaranya di dalem ruangan ber-AC jadi okelah.

Eh pas urusannya udah selesai nih dah siap mau ke parkiran, tiba-tiba turun hujan deras! Nahloh. Otomatis lah aku yang kurang ajar ini mengeluh langsung.

Ya Allah kok hujan sih?! Kan mau pulaaang 🙁

Tadi dikasih panas ngeluh, dikasih hujan ngeluh juga. Astagaaaa!

Besoknya, aku pergi lagi ke suatu mall untuk mengurus perpanjangan SIM. Ya seperti hari sebelumnya, panas sekali siang itu. Dan lagi-lagi aku mengeluh. Nah sewaktu pulang, aku siap-siap mengambil motor di parkiran basement. Aku lihat orang-orang yang baru masuk parkiran rata-rata menggunakan jas hujan. Aku pun otomatis langsung menyiapkan jas hujan sambil ngomel. Eh tapi, satu-dua menit setelahnya kok orang yang masuk udah nggak basah? Yasudah aku nekat untuk keluar dari parkiran itu tanpa memakai jas hujan.

DAN TERNYATA HUJANNYA SEBENTAR AJA, kayak hari sebelumnya. Kayak semacam bressss deres 5-7 menit lalu udah. Sepanjang jalan menuju rumah tuh rasanya jadi adem banget gitu, sejuk rasanya karena semua jalanan basah. Jadi malu udah banyak mengeluh sebelumnya. Ya Allah maafkan yaa

Begitulah di dunia ini ya, yang sekian detik setelah detik ini aja kita nggak tau apa yang akan terjadi. Seringkali aku mengeluhkan hal-hal yang terjadi nggak sesuai dengan yang aku mau. Aku lupa, kalau baik dan buruk suatu kejadian diberikan untuk aku itu ada maksudnya. Aku juga lupa kalau pasti ada hal yang bisa disyukuri di setiap kejadian baik atau buruk.

Seperti ceritaku tadi. Dikasih cuaca panas seharusnya aku bersyukur, karena jadinya aku nggak harus berbasah-basah untuk menghadiri suatu acara. Dan setelah panas yang menyengat itu dikasih hujan sebentar supaya suasana menjadi sejuk, supaya aku dan orang-orang yang di jalan, sedang melakukan perjalanan ke rumah mungkin, tidak kepanasan lagi dan bisa lebih membaik moodnya karena sejuk sepanjang jalan.

Dari kejadian ini aku semakin sadar, ternyata aku adalah salah satu manusia yang masih sering mengeluh, masih belum bisa selalu berbaik sangka terhadap apa-apa yang diberikan untukku. Teguran yang benar-benar tepat sasaran sih. Langsung setelah melakukan kesalahan. Berasa ditampol pas baru aja diem. Ya sepanjang jalan pulang itu aku senyum-senyum kikuk khas orang bersalah, lalu mengucap syukur berkali kali.

Ternyata dengan melihat hal-hal lebih detail, lebih peka dengan sekeliling, makin banyak menemukan apa yang masih kurang dari diri sendiri. Makin bisa melihat juga hal-hal sederhana yang sebenarnya besar dampaknya di kehidupan sehari-hari. Makin bisa lebih bersyukur juga dengan sekecil apapun keajaiban yang terjadi di dalam hidup.

Menurut kamu gimana?

 

 

Luv,

Andita

5 comments found

  1. Kalau saya sih yess, mbak. Bersyukur itu emang penting. Pernah dulu saya tinggal di Surabaya yang panasnya bikin ampun. Saya aja pen nangis hadapin Surabaya yang panas gitu, padahal udah di dalam ruangan dan pakek mini fan, tapi tetap aja panas. Bagaimana pun karena panasnya Surabaya yang parah, alhamdulillah kalau nyuci di surabaya pasti aman. Karena dalam 1 hari, cuciannya pasti udah kering. Hehe..

    1. Walaupun dikasih cuaca yang super panas, ternyata masih ada yang bisa disyukuri ya mbak. Contohnya di kasus mbak cucian bisa kering langsung sehari wah 🙂 semangat ya mbak! insyaallah dengan sedikit mengeluh, hidup akan lebih ringan 🙂 have a nice day!

  2. Betulll, bersyukur itu nyatanya semudah mengeluh. Cuma memang karena masih manusia, wajar-wajar aja sih kalau masih suka komplen, hihi. Intinya sih bersyukur masih jauh lebih baik, jadi be thankful aja, ya (:

    1. Iya kak, walaupun masih suka kelepasan ngeluhnya secara ngga sadar ya namanya juga manusia, tapi sebisa mungkin kita usaha bersyukur lebih banyak mungkin akan makin meringankan hari kita 🙂 Have a nice day ya kak! terima kasih sudah mampir 😀

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.