Travel

Akomodasi 14 Hari Keliling Asia Tenggara

14 hari keliling ASEAN nginepnya gimana?

Akomodasi

Kalau udah punya itinerary, udah tau mau kemana aja jadi selanjutnya bisa milih penginapan untuk istirahat. Ada beberapa macam jenis penginapan yang bisa dipilih sesuai preference dan budget yang dipunya, contohnya hostel, hotel, apartemen, rumah, dan lain-lain. Aku pribadi lebih suka hostel karena budget dan juga kemungkinan bisa kenalan traveler yang lain.

Kita juga butuh tempat buat istirahat leyeh-leyeh setelah seharian jalan-jalan keliling kota. Dalam perjalanan, terutama perjalanan antar negara yang butuh belasan jam tuh menurutku paling enak kalau perjalanan malam. Jadi bisa hemat biaya penginapan karena bisa tidur di bus. Tapi emang nggak semua jadwal transportasi antar negara itu punya jadwal perjalanan malam hari.

Ada beberapa hal yang jadi pertimbangan untuk memilih hostel. Biasanya aku membandingkan harga dan kebersihan hostelnya. Juga aku selalu memilih yang ada free wifi dan free breakfast, supaya irit. Walaupun biasanya sarapan kalau di hostel hanya disiapkan roti, selai, buah, dan kopi teh tapi kan lumayan ya buat isi perut pagi-pagi hehehe. Selain itu juga pertimbangkan lokasinya. Apakah lokasinya dekat dengan akses transportasi umum? Dekat dengan destinasi wisata yang akan dituju?

Home Hug Hostel

Booking Hostel

Nah selanjutnya masalah booking hostel. Aku booking hostelnya online karena aku pernah baca biasanya ada selisih harga yang ditawarkan daripada harga kalau langsung pesen di tempat. Semua penginapan sepanjang perjalanan aku booking via booking.com. Aku milih booking.com karena dari beberapa platform untuk booking online, harga di booking.com paling oke. Hal lain juga karena dengan booking.com bisa bayar di tempat. Selain booking.com, kamu juga bisa booking online hostel via hostelworld.com. Kalau di hostelworld ini juga kamu bisa bayar di tempat, tapi ada sebagian yang harus ditransfer buat booking.

Untuk urusan booking ini, aku biasanya hanya booking untuk 1 malam terus kalau mau lanjut nginap di tempat yang sama tinggal bilang ke resepsionisnya dan dikasih harga sama dengan waktu booking online. Soalnya takutnya nggak cocok sama tempatnya kan jadi susah pindah kalau udah terlanjur booking lebih dari 1 malam. Juga mengantisipasi perubahan-perubahan itinerary sapatau mau move ke daerah lain jadi begitu. Dari Indonesia aku cuma booking buat di Bangkok, Khaosan Road. Habis itu baru booking H-1 menuju tempat baru.

Ada beberapa tipe kamar di hostel, mixed dorm, male dorm, female dorm, dan private room. Sepanjang perjalanan kemarin aku dan temanku selalu memilih mixed dorm hehehe. Karena nggak semua hostel menyediakan female dorm dan kalaupun ada, selisih harganya lumayan. Tapi sejauh pengalaman kami kemarin, nggak kenapa kenapa kok. Aman 😀

Tidur di Sleeper Bus

Ini adalah daftar hostel-hostel yang kami tempati:

(untuk review dan tips memilih hostel akan ada di post-post selanjutnya ya)

  1. Stay with The Mixx Hostel : 98 Soi Ram Butri Surathanatum, Talad yord, 10200 Bangkok, Thailand
  2. Home Hug Hostel11/118 Ratchaprarop Soi 8, Makkasan, Ratchathewi, Pathumwan, 10400 Bangkok, Thailand
  3. Eva Hut Hostel : Alley 202 Nguyen Dinh Chieu, Ham Tien, Mui Ne, Vietnam
  4. Dola Hostel : 205/26 Bui Vien, District 1, Ho Chi Minh City, Vietnam
NegaraRegionNamaHargaBerapa lama
ThailandKhaosan RoadThe Mixx HostelTHB 1103 malam
PratunamHome Hug HostelTHB 1501 malam
VietnamHCMCDola HostelVND 900004 malam
Mui NeEva Hut HostelVND 270001 malam
TotalTHB 480IDR 264.000
VND 387000IDR 255.420
IDR 519.420

Intinya, kalau bisa pilih penginapan yang ersih dan nyaman! Soalnya ya seharian jalan kan capek, kasih reward lah ke diri sendiri dengan tidur di tempat yang nyaman. Setuju?

Part 1: Itinerary

Part 2: Transportasi

Luv,

9 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *