Slice of Life

5 Situs yang Mendukung Pekerjaan

Zaman sekarang dengan teknologi yang semakin maju, bisa gampang sekali mendapatkan dan menyebarkan informasi. Juga nggak bisa dipungkiri bahwa teknologi mempermudah pekerjaan sehari-hari. Kerjaanku sangat berkaitan dengan internet terutama sosial media. Karena itu aku setiap hari pasti mengunjungi situs-situs yang mendukung pekerjaanku.

Dari banyak situs yang sering kau kunjungi, 5 situs inilah yang paling sering aku kunjungi:

1. Google

Yap, Google ini jelas paling sering aku kunjungi. Terutama untuk mencari-cari informasi dan referensi tulisan. Jadi inget ada pernyataan yang ilang “Tanya aja Google, Google bisa jawab semuanya” hahaha. Tapi iya bener lho. Cari keyword apa aja nanti keluar hasilnya yang berkaitan.

Tapi emang harus pinter-pinter milih artikel mana yang terpercaya, supaya referensinya bersumber dari sumber yang bisa dipercaya.

2. Facebook dan Instagram

Facebook ini mungkin udah banyak ditinggalkan dengan adanya situs sosial media lain yang lebih ciamik. Facebook terkesan tua. Tapi aku masih selalu buka Facebook setiap hari. Karena pekerjaanku ada yang di Facebook, juga di Facebook ada info-info dari komunitas-komunitas yang aku ikuti.

Dulu waktu awal punya akun Facebook, semua friend request diaccept. Terus sekarang kalau buka timeline Facebook banyak yang nggak tau itu tuh siapa hahaha. Mau mass unfriend kok ya males. Jadinya jarang scroll timelinenya. Buka Facebook cuma buat ngurus profil sendiri, profil kerjaan, dan grup-grup aja.

Nah Facebook ini sepaket sama Instagram. Eh kebalik, Instagram sepaket dengan Facebook. Sekarang ini Instagram sudah jadi profil branding perusahaan selain website. Jadi kerjaanku mostly di dua platform ini. Kalau update Instagram juga sync dengan Facebook. Mau promote post Instagram juga ngurusnya ke Facebook.

10 Akun Instagram Favorit

3. Twitter

Dari dulu selalu install Twitter di HP, karena aku merasa dari Twitter itu bisa cepet banget dapat info terbaru. Jadinya bisa buat bahan obrolan juga kadang-kadang. Misal gempa (waktu dulu belum ada aplikasi BMKG ya), baru 1 menit setelah gempa aja langsung ada kabarnya dari orang-orang disusul twit dari BMKG.

Pernah ada masa di mana Twitter ini sepi banget, itu pas awal-awal Instagram keluar dan jadi hits. Orang-orang lebih milih buka Instagram kan. Kalau main Twitter pas itu tuh, timeline geraknya lambat soalnya yang update sedikit hahaha. Sekarang mah udah rame lagi. Dari Twitter juga nih banyak kerecehan-kerecehan yang bisa bikin ngakak.

4. Canva

Setengah tahun terakhir ini aku mulai memaksa diriku untuk belajar desain. Selain karena tuntutan pekerjaan untuk menghasilkan konten kreatif juga untuk mendukung website sendiri hehehe. Aku belajar desain di Corel dan Photoshop. Dua-duanya sebenarnya mudah dipahami, cuma kalau belum terbiasa memang agak bingung.

Lalu Canva hadir mengubah segalanya! hahaha. Pakai Canva pertama kali aku amazed karena bisa menghasilkan desain yang cukup bagus dengan cara yang mudah. Di Canva udah ada template-template yang bisa langsung dipilih sesuai kebutuhan terus langsung edit. Kalau butuh background foto-foto juga ada banyak kumpulan foto di sana yang bisa dipilih secara gratis. Bikin desain buat kebutuhan kerjaan dan profil website sendiri pun makin menyenangkan 😀

5. Freepik.com

Seringkali butuh cari referensi foto-foto yang bisa diunduh free juga free copyright untuk kerjaan, aku cari di Freepik. Banyak pilihan foto yang bagus-bagus dan gratis (dengan mencantumkan license dari author). Keyword dicari dengan bahasa Inggris ya. Jadi nggak bingung cari referensi foto dan background yang bisa digunakan sejak kenal Freepik.

Luv,

 

 

 

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *