Slice of Life

5 Rekomendasi Playlist Pengantar Tidur

Siapa yang susah tidur setiap malam?
Pernah coba mendengarkan musik pengantar tidur sebagai solusi?

Yap. Aku adalah yang sering susah tidur, bahkan hampir setiap malam begitu. Udah mapan dan merem juga sejam kemudian masih belum bisa tidur. Handphone juga udah dimatikan, lampu udah mati juga. Rasanya tuh otak nggak mau diajak berhenti mikir. Padahal badan capek dan udah butuh tidur.

Sebagai solusinya aku selalu mendengarkan musik pengantar tidur. Aku udah pernah menuliskan di sini untuk penjelasan apa hubungannya musik pengantar tidur dengan kemudahan tidur. Intinya ketika kita mendengarkan musik, otak akan bekerja menstimulasi alunan nada-nada itu. Stimulasi itu membuat otak mengeluarkan hormon Dopamin. Dopamin adalah salah satu zat kimia dari otak yang merupakan neurotransmitter (penyampai pesan dari sel satu ke sel lain). Hormon dopamin ini yang melepaskan rasa senang dan rileks sama seperti saat kita makan makanan favorit, berolahraga, dan bersemangat mencapai tujuan tertentu. Hormon dopamin bisa membantu kita untuk fokus ataupun relax, tergantung jenis musik seperti apa yang kita dengarkan.

Jadi kali ini aku mau berbagi rekomendasi playlist pengantar tidur di Spotify. Semoga bisa menjadi solusi buat kamu juga.

Deep Sleep

Pertama kali nyobain denger playlist ini karena tertarik sama judulnya. Sejak awal denger ini sebagai pengantar tidur, aku langsung cocok. Aku puter terus beberapa malam sampe pengen coba playlist lain, tapi ternyata nggak secocok playlist ini di otakku. Jadilah aku setia sama playlist ini.

Night Rain

Pernah nyobain playlist ini juga. Tau kan ya kalau hujan malem-malem menjelang tidur gitu syahdunya kayak gimana. Tapi kan hujan nggak mesti turun setiap malam ya, jadi pas kangen banget pengen tidur pakai suasana syahdu hujan gitu aku dengerin ini. Dan berhasil tidur nyenyak~

Peaceful Piano

Ini juga cukup ampuh, walaupun kalau di aku, efeknya nggak secepet Deep Sleep. But one of friend said that it works on her, so silakan dicoba yaaa. Kalau aku biasanya malah playlist ini buat temen belajar atau nulis blog. Biar encer otaknya~~

Nature Noise

Jadi selain suara hujan turun, suara alam semesta juga terdengar syahdu banget apalagi buat pengantar tidur. Pernah nyobain dan vibes relaxnya langsung kerasa. Isinya adalah bunyi-bunyian alam gitu sih, suara jangkrik, suara daun bergesekan, suada angin, dan semacamnya.

Lullaby Renditions

Nah ini yang terakhir. Beberapa hari lalu dapet rekomendasi playlist ini dari temen. Pas dicoba kemarin malem, it works! Jadi ini playlistnya musik-musik yang biasanya jadi pengantar tidur anak-anak gitu lhoo. Dengerinnya sempet bikin senyum-senyum sebelum akhirnya lelap.

 

Playlist lain juga ada di folder Sleep ini yaa. Mungkin setiap jenis playlist akan memberikan efek berbeda-beda buat setiap orang. Tapi boleh lah ya dicoba untuk jadi solusi. Semoga bermanfaat!

luv,

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *