Slice of Life

5 Hal Resolusi Tahun Baru

Wahhhh nggak kerasa udah sampai di bulan terakhir dalam setahun, Desember. Kurang dari 30 hari lagi kita udah masuk ke tahun 2019. 2018 buatku adalah tahun di mana aku naik satu tingkat di tangga kehidupanku. Kamu biasanya bikin resolusi atau hal-hal yang pengen dilakukan di tahun yang baru nggak?

Kalau aku selalu bikin resolusi. Jadi kayak rutinitas menjelang tahun baru hehehe. Resolusi ini fungsinya apa sih? dalam 3 bulan sekali aku baca daftar resolusi yang udah aku buat di awal tahun. Jadi daftar resolusi buatku berufungsi sebagai penjaga direction, daftar yang mengingatkanku tentang pencapaian apa aja yang aku kejar di tahun ini. Tapi sebelumnya aku juga ngelist apa aja berkah besar yang aku dapat di tahun sebelumnya. Biar lebih bersyukur dan lebih semangat nulis tujuan-tujuan ke depan.

Jadi boleh ya menceritakan pencapaian besar di tahun ini dulu hehehe. Pertama, di Maret 2018 aku melakukan sidang pendadaran dan alhamdulillah dinyatakan lulus seminggu setelahnya. Lalu di April 2018 aku wisuda. Wisuda walaupun ribet, tapi ya nggak bisa dipungkiri itu adalah momen yang paling disyukuri. Juga mengharukan, haru karena bangga pada diri sendiri.

Kedua, di tahun ini aku sudah menginjakkan kaki ke jenjang hidup yang baru, dunia kerja. Dimulai dari Januari 2018 aku masuk di program internship sebuah training center di Jogja. Lalu naik status ke fulltime setelah melewati masa kontrak magang dan parttime. I am proud to myself as far :”)

Nah sekarang inilah 5 hal yang akan dilakukan di tahun 2019:

Disiplin Bangun Pagi

Berawal dari video Casey Neistat yang satu ini, aku jadi tersadar bahwa disiplin itu pentinitu-gg. Apalagi disiplin bangun pagi. Jujur aja, aku adalah anak yang males bangun pagi. Kecuali memang ada acara pagi-pagi yang sangat penting. Kalau hari libur apalagi, haduh, bisa baru bener-bener bangun dari kasur tuh tengah hari hehehe. Lalu aku merasa, harinya jadi lebih pendek. Nggak kebayang kalau mulai kerja fulltime (9 to 5) gitu. Setiap hari rutinitasnya gitu-gituaja. Terus manjain diri sendirinya kapan?

Di video itu, Casey dan Jocko (Navy Seal Commander), membeberkan alasan kenapa mereka selalu disiplin bangun pagi. Alasan utama, bangun lebih pagi berarti bisa melakukan lebih banyak hal, terutama hal-hal untuk diri sendiri. Aku seminggu ini sudah mencoba untuk nggak langsung tidur lagi setelah sholat shubuh karena pengen tau apakah yang dibilang Casey tuh bener. Di rentang waktu dari bangun sampai berangkat kerja itu aku bisa menulis blog, sedikit blogwalking, sedikit baca novel, workout, dan lain-lain. Selain itu, aku jadi nggak buru-buru berangkat ke kantor, mood terjaga dengan baik. Habis gitu kan aku jadi pengen lebih disiplin bangun pagi di tahun 2019 🙂

Baca 12 Buku atau Lebih

Tahun lalu juga aku menulis ini sebagai resolusi. Alasannya biar bisa mengurangi waktu main handphone. Jadi kalau agak gabut dikit, baca buku. Dan aku targetin minimal baca 1 buku dalam sebulan. Hmmm di tahun ini aku membaca buku lebih banyak dari tahun sebelumnya, tetapi nggak 12. Failed :”)

Di daftar resolusi 2019 aku masukin lagi, masih dengan alasan yang sama. Semoga kali ini berhasil, bahkan lebih banyak kalau bisa. Karena ya udah ada beberapa buku di rumah yang masih belum dibaca hadeuh. Supaya di tahun depan juga bisa lebih banyak….

Menulis Post Blog

Seperti yang pernah aku bilang di post beberapa waktu yang lalu, untuk bisa lebih banyak menulis, kita harus lebih banyak membaca. Ibaratnya menambah pembendaharaan kata. Kalau data kata-kata kita banyak, pasti akan lebih mudah untuk menulis. Juga selain itu tulisan kita pun akan semakin bagus seiring dengan semakin sering menulis! Practice makes perfect katanya~

Memulai Bullet Journalling

Aku udah lama pengen nerapin metode bullet journalling ini karena awalnya nemu di Instagram gitu orang-orang yang rajin untuk journalilng. Baca-baca juga pengalaman orang-orang yang udah rutin melakukan bullet journalling itu, katanya sih jadi lebih teratur ya. Apa yang penting bisa detail dicatat di journal. Selain itu juga bisa jadi rekam jejak ngapain aja selama satu tahun. Walalupun aku nggak kreatif-kreatif amat, esensi dari bullet journaling bukan hanya di kreativitasannya kan?

Memulai Investasi

Setelah aku menyadari betapa pentingnya investasi selagi masih single dan sudah punya gaji sendiri, akhirnya aku memutuskan akan mulai berinvestasi di awal tahun besok. Jadi sekarang aku lagi cari-cari informasi dan belajar dari orang-orang yang udah mulai investasi. Semakin cepat semakin baik kan~ Kamis minggu depan juga mau ikut seminar Financial Planning biar dapet pencerahan tentang bagaimana mengatur keuangan hahaha

 

Kalau kamu, apa hal yang paling pengen kamu lakukan atau capai di tahun depan? Semogaaaaa 2019 menjadi tahun yang baik, penuh rejeki, dan berkah ya buat kita semua!

 

Luv,

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *