Slice of Life

3 Target Blogging di Tahun 2019

Selamat pagi semesta!

Seneng rasanya karena akhirnya sampai di hari ke-30 dari Blogger Permempuan #BPN30DaysChallenge 😀

Awalnya aku ragu apakah bisa konsisten menulis one day one post, sempat juga kepikiran untuk nggak usah ikutan. Tapi diri ini tertantang, juga ternyata aku terlalu meremehkan diri sendiri. Nyatanya sampai juga di hari ke -30 nggak bolong. Walaupun ada beberapa post yang diupload di hari setelahnya, nggak papa hahaha. Mungkin juga karena bantuan tema yang sudah disiapkan setiap harinya jadi nggak bingung mau menulis apa.

Ada beberapa hal positif yang aku dapatkan dari ikutan tantangan ini. Hal yang paling kurasakan adalah konsistensi. Ternyata konsistensi itu penting banget ya. Semenjak ikutan challenge ini aku sering juga untuk mengintip Google Analytic, karena pengen tau seberapa ngefeknya konsistensi ini. Dan ya ternyata ngefek banget. Belum pernah serame ini untuk kunjungan sebulan. Selain itu, karena sudah dilakukan selama 30 hari, menulis menjadi kebiasaan. Sekarang kalau ada luang sedikit rasanya gatel untuk menulis, ngisi blog.

Aku pun jadi bisa lebih bisa ngatur waktu. Kemarin-kemarin tiap ada ide nggak langsung ditulis karena mikirnya capek ah besok aja. Setelah ikut challenge ini sampai hari ke 30, aku sadar bahwa kerjaanku tuh nggak 24 jam. Jadi sebenernya aku punya banyak waktu untuk menulis, mau alasan apa lagi buat jadi males?!

Hal lain yang aku rasakan adalah jadi lebih lancar menulis. Seminggu pertama nulis, rasanya 300 kata itu susah banget. Sekarang udah lebih mengalir, udah lebih bisa nambahin hal-hal buat pengantar dan lebih deskriptif tau-tau udah lebih dari 300 kata. Bisa karena terbiasa ya. Semoga terus berkembang!

Rasanya udah setahun sejak pertama memutuskan membuat blog dengan tema yang nggak cuma cinta-cintaan ini. Refleksi setahun belakangan memang belum serius banget mengisi blog, sebulan satu post aja. Untuk itu, di tahun depan ada beberapa target blogging:

1. Menulis Minimal 2 Tulisan per Minggu

Setelah mengikuti 30 Days Challenge baiknya emang dilanjutkan ya kebiasaannya. Tapi kalau untuk one day one post lagi merasa belum sanggup karena sekarang temanya nggak disediakan hahaha. Jadilah pasang target minimal 2 post per minggu. Biar blog selalu terisi dengan hal-hal yang bermanfaat untuk orang banyak. Sampai blogku jadi referensi orang-orang hehe. Semoga konsisten!

Baca: 5 Resolusi Tahun Baru

2. Page Views Rata-Rata 100 Sehari

Angka untuk setiap orang kan beda-beda ya standarnya. Jujur untuk sekarang belum pernah tembus segitu untuk harian, karena blog baru dan belum konsisten menulis. Agak ragu juga apakah aku nargetinnya ketinggian kali ini. Tapi kalau nggak tinggi targetnya nanti males-malesan lagi ya nggak pernah terwujud. Jadi yasudah ya target muluk.

3. Mendapat Penghasilan Tambahan dari Menulis

Dulu nggak seniat ini menggarap blog, karena pesimis kalau blog atau tulisan ku bisa menghasilkan. Tapi belum dicoba masak udah pesimis duluan ya. Nah makanya salah satu taget blogging di tahun depan adalah mendapat penghasilan tambahan dari ini, hobi yang bisa menghasilkan hehehe. Entah dari Google Ads, dari menang lomba, atau dari job-job menulis yang lain. Biar sah menjadi part time blogger 😀 Sambil jalan sambil memperbaiki tulisan jadi lebih baik, juga memperbaiki dan belajar lebih dalam tentang SEO juga digital marketing.

 

Semoga, ya. Semoga bisa terwujud! Semoga bisa konsisten!

Terimakasih Blogger Perempuan sudah mengadakan 30 Days Challenge 😀

 

Luv,

10 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *