Self Development

3 Manfaat Belajar Bahasa Baru

Ngomongin bahasa, saat ini kamu sudah menguasai berapa bahasa?

Dari kecil kita belajar lebih dari 1 bahasa ya. Mulai dari bahasa daerah, bahasa nasional, dan bahasa asing atau bahasa internasional. Dari SD itu aku inget banget dulu sempat belajar bahasa daerah Makassar karena sempat sekolah di sana, tapi nggak lama. Belum menguasai bahasa itu, aku dah pindah sekolah ke Jogja, yang mana bahasa daerahnya jadi bahasa Jawa.

Terus mulai dari kelas 3 SD, bahasa Inggris jadi pelajaran wajib di sekolah. Sampai kuliah pun bahasa Inggris yang kita tau adalah bahasa internasional ini masih jadi pelajaran atau mata kuliah wajib. Di SMP aku ketamahan bahasa Mandarin dan di SMA belajarnya bahasa Jepang.

Menurutku, belajar bahasa baru itu gampang kalau dibiasakan atau dipraktekkan setiap hari. Kalau begitu, lama kelamaan bahasa baru itu jadi nempel dan ngalir aja gitu nggak perlu effort banget buat belajarnya. Tapi contohnya nih bahasa Mandarin dan bahasa Jepang, aku belajar tapi sehari-hari nggak dipraktekkan. Alhasil cuma beberapa kalimat aja yang nempel, bahkan huruf hiragana katakana aja udah lupa hahaha

Belajar bahasa baru itu penting. Bukan masalah keren-kerenan ya. Tapi ini nih beberapa alasan kenapa kamu harus terus belajar atau memperdalam bahasa yang bukan bahasa indukmu:

1. Mengasah dan Mempertajam Ingatan

Jadi di dalam otak kita itu awalnya berupa titik-titik. Setiap kita belajar hal baru, titik-titik itu saling bersambung. Dan seiring belajar terus terusan, sambungan itu menebal menjadi sebuah jembatan. Begitu yang terjadi ketika kita mempelajari bahasa baru. Proses membuat jembatan ini lah yang membuat otak kita bekerja sehingga kita nggak mudah pikun ketika tua nanti.

Nah sebuah setudi dari University of Kentucky do tahun 2013 menemukan fakta bahwa kelompok orang berusia lanjut 60-80 tahun yang memiliki kemampuan berbahasa lebih dari 1 menunjukkan performa otak yang lebih cepat dan efisian dibandingkan mereka yang hanya berbahasa 1 saat menjalani tugas kognitif. Tuh kan, nggak mau kan pikun di masa tua?

2. Menambah Nilai Positif Diri Kamu

Kalau kamu menguasai lebih dari 1 bahasa, kamu punya peluang lebih besar di perusahaan asing atau multinasional. Selain itu, kamu juga bisa mempunyai peluang yang lebih besar untuk menerima beasiswa studi di luar negeri. Dengan mempelajari bahasa baru, kamu bisa memperluas kesempatanmu.

3. Lebih Mudah Belajar Bahasa Asing Lainnya

Saat kamu belajar bahasa asing contohnya bahasa inggris dan kamu memperdalam bahasa itu sampai kamu fasih, untuk mempelajari bahasa asing lainnya akan lebih terasa mudah buat kamu. Karena kamu sudah mencoba belajar satu bahasa baru dan berhasil. Jadi untuk selanjutnya, akan terasa lebih mudah.

Ini juga yang aku rasakan. Semenjak kuliah semester 6, aku mempelajari bahasa inggris lebih dalam. Aku mulai membiasakan berbicara bahasa inggris di kehidupan sehari-hasi supaya fasih. Setelah itu, dari awal tahun lalu aku mulai belajar bahasa Jerman. Dan ya terasa lebih mudah untuk memahami dan menghafalkan.

Aku belajar bahasa Jerman otodidak atau nggak ikut kursus di lembaga bahasa gitu. Belajarnya dari sebuah aplikasi namanya Duolingo. Di Duolingo ini kamu bisa belajar puluhan bahasa asing, contoh Jerman, Belanda, Perancis, China, Jepang, dan masih banyak lagi. Belajarnya asik karena kayak main game.

Setiap bab yang dipelajari ada level-levelnya. Misal Basic 1 itu ada 5 level, jadi harus diselesaikan komplit 5 level itu. Dalam 1 level ada beberapa section yang harus diselesaikan. Setiap 1 section terdiri dari reading, listening, dan spekaing. Begitu kira kira 😀

Belajarnya fun banget! Kalau aku merasa nggak susah jadinya karena ya kayak main game. dan bisa dilakukan di sela-sela waktu luang, jadi waktu luangnya produktif.

Ini coock banget buat kamu yang pengen belajar bahasa asing tapi lagi nggak ada budget untuk kursus bahasa. Ya kayak aku gini lah, ngirit beb :”)

Pilihan bahasa asing di Duolingo
Level-level yang harus diselesaikan
Rangkuman lesson harian
Contoh model belajarnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Nah gimana? Kalau kamu paling pengen belajar bahasa asing apa?

Selamat mencoba 😀

Luv,

 

 

Featured image:

Designed by Freepik

10 Comments

  • Jane Reggievia

    Setujuu! Belajar bahasa baru itu bikin otak kita jadi terus aktif ya. Selain itu manfaatnya juga banyak. Kalo traveling nggak perlu takut karena ada bahasa asing yg kita kuasai, minimal bahasa Inggris ya.

    Btw, Duolingo ini yg bisa chat dengan akun lainnya bukan ya?

    • Andita

      Nahhh iya kak, jadi lebih pd pas jalan jalan di luar negeri hehehe. Iyaaa kak, bisa gabung ke klubnya gitu 😀

  • Shireishou

    Senasib ahaha. Ortuku jawa. Aku lahir jakarta, gede bekasi [kena bahasa Sunda], tetangga2ku betawi semua wahahha. Doeloe suka belajar bahasa lewat sahabat email n pena. Tapi skrg udah kibar bendera deh. Duolingo bagus. tp aku ga telaten ahahaha. Temenku tuh belajar 5 bahasa sekaligus [Korea, mandarin, arab, jepang, dan perancis]. KUAAAAAT dia kuaaat [pengsan]

    • Andita

      wah mantap bisa kuasai banyak bahasa kak. Hahahaha kuaat lho temennya kak. Aku belajar 1 bahasa aja eh ini udah mandek lagi :))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *